HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK DI SMA NEGERI 3 NABIRE
Keywords:
Sleep quality ; Academic achievementAbstract
This study aims to analyze the relationship between sleep quality and academic achievement among TikTok users at SMA Negeri 3 Nabire. A quantitative approach with a correlational design was employed. The sample consisted of 91 eleventh-grade students selected through purposive sampling. Sleep quality was measured using the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), while academic achievement was assessed based on report card grades. The results indicated that most students had poor sleep quality (87.9%), yet their academic achievement fell in the moderate category (95.6%). Correlation analysis revealed a positive relationship between sleep quality and academic achievement (r = 0.084), but this was not statistically significant (p > 0.05). These findings suggest that sleep quality is not the primary factor affecting students' academic achievement. The study recommends schools and parents to monitor students' social media usage and promote better sleep quality to support optimal academic performance.
References
Aji, A. S. (2015). Hubungan faktor lingkungan dengan kualitas tidur pada mahasiswi yang tinggal di Unimus Residence Semarang. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(2), 123-130.
Aminuddin, M. (2020). Hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar mahasiswa akademi keperawatan pemprov Kaltim Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(1), 51-71.
Andayani, H., Destiani, Y., Sofia, S., Nurjannah, N., & Saragih, J. (2022). Hubungan kecerdasan emosional dan kualitas tidur siswa dengan prestasi belajar. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 22(3).
Aulyanti, F. (2013). Gangguan pola tidur pada pasien toddler dengan perawatan diare di rs ibu dan anak Annisa Tangerang tahun 2005. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2(1), 11–12.
Buysse, D. J. (2014). Sleep health: can we define it? does it matter? Sleep. PubMed, 37(1), 9–17.
Buysse, D. J., Reynolds III, C. F., Monk, T. H., Berman, S. R., & Kupfer, D. J. (1989). The Pittsburgh sleep quality index: a new instrument for psychiatric practice and research. Psychiatry Research, 28(2), 193–213.
Data Indonesia. (2024). 8 negara pengguna TikTok terbesar di dunia pada Januari 2024, ada Indonesia. Data Indonesia. Retrieved April 7, 2024, from https://dataindonesia.id/internet/detail/8-negara-pengguna-tiktok-terbesar-di-dunia-pada-januari-2024-ada-indonesia
Ginee. (2021, November 9). Pengguna TikTok Indonesia gempar, potensi cuan menggelegar! Ginee Insights. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. (2021). Dampak penggunaan aplikasi online TikTok (Douyin) terhadap minat belajar di kalangan mahasiswa sosiologi fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Palupi, D. N., Meifilina, A., & Harumike, N. D. Y. (2020). The effect of using TikTok applications on self-confidence levels. Jurnal Unisbablitar, 5(2), 66–74.
Perry, A. G., & Potter, P. A. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan. EGC.
Putri, M. D. (2018). Hubungan kecanduan media sosial dengan kualitas komunikasi interpersonal pada usia dewasa awal (Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta).
Rahardaya, A. K. (2021). Studi literatur penggunaan media sosial TikTok sebagai sarana literasi digital pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319.
Rahma, A. N. A., Desilawati, D. N., Nurezalita, F. N., Nurkholifah, R., & Kalsum, U. (2024). Hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(4), 251–256.
Rakhmayanti, I. (2020). Pengguna TikTok di Indonesia didominasi Generasi Z dan Y. Sindonews.com. Retrieved from https://www.sindonews.com/
Sahara, R. (2011). Peranan guru bimbingan konseling dalam penanganan masalah siswa sekolah menengah atas (studi deskriptif kualitatif komunikasi antarpersona pada kegiatan bimbingan dan konseling di SMA negeri 1 Depok Yogyakarta periode April 2011-Mei 2011). (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Saputra, L. (2012). Pengantar kebutuhan dasar manusia. Binarupa Aksara.
Setianawati, L. (2023). Analisis dampak penggunaan aplikasi TikTok pada remaja terhadap adab dan perilaku terhadap orang tua. Jurnal pendidikan: Seroja, 2(3), 175-181.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Suci, K. (2017). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Bukittinggi (Disertasi, Universitas Andalas).
Sudjana, N. (2013). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Syah, M. (2003). Psikologi pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Syah, M. (2011). Psikologi belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Wicaksono, D. W. (2012). Analisis faktor dominan yang berhubungan dengan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Disertasi, Universitas Airlangga).
Wijaya, I. W. H. I. (2022). Analisis video likes-to-likes rasio TikTok pada top 5 vendor smartphone di Indonesia. STMIK STIKOM Indonesia.
Yekti, R., & Rambe, R. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2017 fakultas Kedokteran universitas Kristen Indonesia. Jurnal Pro-Life, 8(2), 148-155.
Zahroh, D. A., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara self-esteem dengan prestasi belajar siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 140–148
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selmi Belastrik Mangampa , Dewita Karema Sarajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.