PERAN DIGITALISASI LAYANAN KEUANGAN DALAM PENGEMBANGAN UNIT USAHA PADA YAYASAN DARUL ULUM KUBU RAYA
Keywords:
Digitalisasi, Layanan Keuangan, Unit UsahaAbstract
Digitalisasi merupakan dampak dari perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi. Layanan keuangan berbasis digital diharapkan mampu menjawab keluhan-keluhan orang tua terkait kendala-kendala yang dihadapi saat layanan keuangan masih konvensional. Penelitian ini ingin mengungkap bertujuan untuk mendeskripsikan digitalisasi layanan keuangan yang diterapkan lembaga bagi orang tua, mendeskripsikan digitalisasi layanan keuangan yang diterapkan bagi peserta didik; dan mendeskripsikan dampak digitalisasi layanan keuangan terhadap perkembangan unit usaha Yayasan Darul Ulum Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomonolgi dengan teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan studi dokumen. Hal penelitian menunjukkan bahwa penrapan digitalisasi layanan keuangan untuk orang tua dalam bentuk layanan setoran pembayaran dan uang saku peserta didik yang bisa dilakukan dengan transfer via ATM atau online. Digitalisasi layanan keuangan yang diterapkan kepada santri berupa uang digital yang bisa ditransaksikan di unit-unit usaha lembaga melalui scan kartu identitas yang sudah tertanam RFID. Digitalisasi layanan keuangan juga berperan dalam pengembangan unit usaha dalam bentuk peningkatan omset penjualan, peningkatan jumlah tenaga kerja, perluasan skala usaha dan pangsa pasar serta memebrikan kepada pihkan eksternal untuk manjadi akses sumber dana tambahan. Selain itu, digitalisasi juga berperan dalam meningkatkan kepercayaan orang tua trhadap yayasan karena akses transparansi laporan keuangan peserta didik yang real-time.
References
Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S., & ... (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal …, Query date: 2024-05-12 17:46:01. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394
Budi Pramono et al. (2022). Kebijakan Ekonomi Digital Diantara Peluang dan Ancaman di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Carrawala Ilmiah. 1 (11): 3225-3230
Decky Hendarsyah. (2020). Pemasaran Digital dalam Kewirausahaan. Iqtihaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 9 (1): 25-43
Egi Radiansyah. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulagi. 9 (2): 828-837
Hani Atun Mumtaha & Halwa Annisa Khoiri. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Sosiety 5.0 pada Prilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Pilar Teknologi: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik. 4: 55-60
https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/e6f9d69e252de32/tingkat-penetrasi-internet-indonesia-capai-795-per-2024. Diakses pada tanggal 6 Desember 2024 pukul 21.07.
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Musnaini, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan, Syahtriana. (2020). Digipreneurship (Kewirausahaan Digital). Banyumas: CV. Pena Redaksi.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.
Rozeqqi, I. (2024). Integrasi Teknologi Dalam Kurikulum Pendidikan Ekonomi. STUDIA ULUMINA: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(1), 21-31.
Rozeqqi, I., & Ulfah, M. (2023). Internalization of Digital Entrepreneurship Education in The E-Tafaqquh Program at The Darul Ulum Foundation Kubu Raya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7121-7130.
Sari, Fifian Permata et. al. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran UMKM: Teori dan Studi Kasus. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Bandung: Alfabeta
Suroto, S. (2023). Dampak Digitalisasi terhadap UMKM di Kota Jambi: Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi para Pakar dan Pelaku Usaha UMKM. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(3), 1830-1854.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irzeq Rozeqqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.