PELATIHAN MINDFULL PARENTING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGASUHAN PADA ORANG TUA DI DESA KOPONG
Keywords:
mindful parenting, kualitas pengasuhan, anak usia dini, Desa KopongAbstract
Pengasuhan yang berkualitas adalah fondasi penting dalam membantu anak menghadapi tantangan kehidupan. Kepekaan, empati, dan dukungan emosional menjadi pilar utama bagi orang tua dalam menciptakan lingkungan kondusif bagi perkembangan anak. Namun, di Desa Kopong, banyak orang tua menghadapi tantangan seperti kesulitan mengelola emosi, dominasi peran ibu, dan ketergantungan pada gadget untuk menenangkan anak. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pelatihan mindful parenting dalam meningkatkan kualitas pengasuhan. Dengan desain eksperimen satu kelompok pre-test dan post-test, 20 orang tua menjadi peserta pelatihan yang dirancang secara praktis melalui studi kasus, roleplay, dan refleksi mendalam. Hasil analisis menunjukkan perubahan signifikan pada kualitas pengasuhan (rata-rata skor pre-test dan post-test berbeda sebesar 10,72, ???? = 0,002). Peserta menyadari pentingnya empati, disiplin positif, dan kehadiran emosional. Seorang ibu kini lebih sabar mendengarkan anaknya setelah memahami pentingnya empati. Metode mindful parenting juga membantu orang tua mengurangi stres, menciptakan suasana rumah yang lebih harmonis. Penelitian ini menegaskan manfaat mindful parenting tidak hanya bagi orang tua, tetapi juga untuk perkembangan anak. Pelatihan ini direkomendasikan untuk komunitas lain demi menciptakan generasi yang tangguh dan penuh kasih sayang.
References
Amelia, C. R. T., Vereswati, H., Erlangga, E., & Kurniawan, Y. (2022). Pelatihan Mindful Parenting Sebagai Strategi Pengasuhan Orang Tua Siswa PAUD Bunga Bangsa Semarang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 420-426.
Aini, S. N., Jihan, J., Nuraini, F., Saripuddin, S., & Gunawan, H. (2023). Kualitas Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua: Sebuah Tinjauan Multidisiplin. Journal on Education, 5(4), Hal 2
Almaghfiroh, Z. A., Qomariyah, G. F. A. N., Maulana, A. A., Elbarkah, A. A., & Sulaiman, H. S. (2024). Implementasi Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak Melalui Pendidikan Orang Tua yang Berkualitas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Hal 8
Burgdorf, V., Szabó, M., & Abbott, M. J. (2019). The Effect of Mindfulness Interventions for Parents on Parenting Stress and Youth Psychological Outcomes: A Systematic Review and Meta-Analysis. Frontiers in Psychology, 10, 1336. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2019.01336/full
Kakhki, Z. B., Mashhadi, A., Yazdi, S. A. A., & Saleh, S. (2022). The effect of mindful parenting training on parent–child interactions, parenting stress, and cognitive emotion regulation in mothers of preschool children. Journal of Child and Family Studies, 31(11), 3113-3124.
Damayanti, E., Ahmad, A., & Nurhasanah, N. (2021). Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak di Era Digital Melalui Ceramah Berbasis Multimedia. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 5(1), 43.
Febriani, Z., Setyowati, R. B., Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2021). Adaptation of Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) for parents of children aged 2-12 years. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(2), 137-152.
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1). Hal 11-19.
Hasni, N., & Karmiyati, D. (2023). Pengaruh Mindful Parenting dalam Menurunkan Stres Pengasuhan: Tinjauan Sistematik. Flourishing Journal, 3(12), 526-535.
Ihsani, A. A. N., Robbina, A. L. A. R., & Dewantara, D. D. (2024). PERAN PARENTING EDUCATION DALAM MENCIPTAKAN GENERASI MILENIAL YANG TANGGUH DI DESA WONOSARI KECAMATAN PAGU. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1304-1314.
Imanti, D. S. P., Harsika, A., Pratiwi, K. A., Ariyani, R., & Fakhruddin, A. (2024). Edukasi Orang Tua dalam Membangun Kesiapan Anak Mengikuti Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2). Hal 170
Journal of Child and Family Studies. (2022). The Effect of Mindful Parenting Training on Parent–Child Interactions, Parenting Stress, and Cognitive Emotion Regulation in Mothers of Preschool Children. Journal of Child and Family Studies. https://link.springer.com/article/10.1007/s10826-022-02420-z
Krismayanti, Y. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MINDFULNESS UNTUK PENGEMBANGAN ETIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Educational Journal of Bhayangkara, 4(2), 56-63.
Kurniati, N., Rejeki, S., Nizar, M., Purwanti, O. S., & Fitria, C. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua “Toxic Parents” bagi Kesehatan Mental Anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), Hal 1.
Kurniawan, I. N., & Uyun, Q. (2013). Penurunan stres pengasuhan orang tua dan disfungsi interaksi orang tua-anak melalui pendidikan pengasuhan versi pendekatan spiritual (PP-VPS). JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(1), 111-130.
Monalisa, M., Nomiko, D., & Ekawati, F. (2023). Pengaruh Modifikasi Positive Parenting Program terhadap Keterampilan Mindful Orang Tua dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 285-296.
Mubarok, P. P. (2016). Program pengasuhan positif untuk meningkatkan keterampilan mindful parenting orangtua remaja. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 35-50.
Nancy, M. N., & Novianti, C. (2022). Premarital Sexual Behavior in Middle School Students: Family Conditions and Information Sources. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5599-5606.
Nancy, M. N., & Putri, E. A. S. (2023). PERAN PENGASUH TERHADAP KEDISIPLINAN REMAJA. Disputare-Jurnal Psikologi, 10(2), 60-63.
Nuha, F. A., Putri, A. M., & Triswanti, N. (2020). Hubungan antara karakteristik orang tua dengan stres pengasuhan pada orang tua anak gangguan spektrum autisme. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), Hal 46
Nurmalasari, F., Fitrayani, N., Paramitha, W. D., & Azzahra, F. (2024). Dampak Ketiadaan Peran Ayah (Fatherless) terhadap Pencapaian Akademik Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), Hal 9-10.
Putri, A. E., & Laeli, S. (2024). Membangun Resiliensi Sepanjang Rentang Kehidupan: Strategi Menghadapi Tantangan dan Tekanan. Karimah Tauhid, 3(6), 6846-6854.
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), Hal 2).
Rofingah, N., & Mahpur, M. (2018). Efektifitas komunikasi berkualitas untuk meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan pada orangtua sibuk bekerja di KB-TK IT Al-Hikmah. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(2), 12-20.
Romadhani, R. K., & Hadjam, M. N. R. (2017). Intervensi berbasis mindfulness untuk menurunkan stres pada orang tua. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 3 (1), 23-37.
Shorey, S., & Ng, E. D. (2021). The efficacy of mindful parenting interventions: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Nursing Studies, 12 (1), Hal 1
Umah, A. K. (2022). Pengaruh pengasuhan orang tua terhadap kemandirian anak usia dini Pucang Santoso RW 30 (Skripsi Sarjana, Universitas Semarang). Universitas Semarang.
Waty, E. R. K., Hasanah, V. R., IP, S., Putri, R. M., Nengsih, Y. K., Alvi, R. R., ... & S KM, M. K. M. (2024). Rumah Ramah Anak: Penerapan Pola Pengasuhan Positif. Bening Media Publishing. Hal 41
Zuhda, M. A. (2024). Pentingnya Peran Ayah Dalam Perkembangan Emosional Anak. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 3(3), 71-81.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Virgilius Fernalis Endriko , Maria Nona Nancy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.