EKSISTENSI MEDIA MASSA DI KOTA MATARAM DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI HIJAU
Keywords:
Ekonomi Hijau, Generasi Z, Media Massa, MilenialAbstract
Indonesia Emas 2045 merupakan suatu visi misi dan cita-cita besar bangsa ini kearah kemakmuran bangsa. Secara demografi Generasi Z dan Milenial yang akan bergerak menguasi masa itu kedepannya. Semakin berkembangnya isu keberlanjutan, peran generasi muda dalam mendorong penerapan ekonomi hijau menjadi semakin signifikan. Media massa, sebagai alat komunikasi yang kuat, memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan informasi dan membentuk persepsi publik. Penelitian ini akan mencari tau bagaimana bentuk eksistensi media massa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi hijau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi Penelitian Media Massa Kota Mataram dengan fokusnya di Suara NTB, Lombok Post dan Radar Lombok selain itu juga terdapat di 6 (enam) UMKM di 6 (enam) Kecamatan Kota Mataram. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan Teori Pengolahan Berita (News Factory Model) dan Teori Penerimaan Aktif (Audience Reception). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa berhasil dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekonomi hijau, hal ini didukung dengan berbagai berita ekonomi hijau yang berhasil didukung oleh media massa. Media massa juga mampu mempengaruhi masyarakat dengan berbagai kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah namun perlu adanya kehati-hatian karena dalam pemberitaan terkait topik ini selalu ada tantangan yang diperoleh oleh media massa. Selain itu terdapat kolaborasi media massa dengan pemerintah dan organisasi non-pemerintah dalam memajukan perkembangan pertumbuhan ekonomi hijau.
References
Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Al Qalam Media Lestari.
Ananta, A. (2020). Prospek Mega-Demografi Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Kependudukan Indonesia, 15(2), 119–132. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/jki.v15i2.604
Arum Ardianingsih, F. M. (2021). Edukasi Ekonomi Hijau Dalam Menumbuhkan Semangat “Green Entrepreneurship.” Jurnal ABDIMAS, 2, 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/abdms.v2i0.1931
Aryani, R. (2011). Konsep Penyajian Jurnalisme Online di WWW.AntaraNews.com. UIN Syarif Hidayatullah.
Budiman, I. F. (2024). Peran Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.973
Dinas Komunikasi, I. dan S. (2022). Jumlah Lembaga Pers Prov.NTB. Satu Data NTB. https://data.ntbprov.go.id/dataset/data-lembaga-pers-di-provinsi-ntb
Dwi Noviani, D. (2023). Sosialisasi Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Remaja Millenial Generasi Z di Era Society 5.0. JURNAL ABDI DOSEN DAN MAHASISWA, 1(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/jurnaladm.v1i2.208
Ikhwan Rahmatullah, I. F. (2024). Upaya Surat Kabar Harian Umum Haluan Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 4(1), 20–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1418
Nandang, H. (2021). Peran Media Dalam Penyelesaian Konflik Sosial. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 1(1), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/hikmah.v1i1.2521
Puspa, C. I. S. dkk. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Rinta, Arina Manasikana, D. (2021). Peran Media Massa dan Teknologi dalam Transformasi Keintiman di Indonesia. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 7–19. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1895
Risnawati, B. S. dkk. (2023). Analisis Komunikasi Penerimaan Aktif Melalui Dakwah Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 405–415. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.453
Santy, Y. J. N. dkk. (2022). Implementasi Pembangunan Ekonomi Hijau Dalam Satu Dasawarsa Terakhir:Sebuah Tinjauan Sistematis. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pgri Palangka Raya, 1, 297–309. https://doi.org/https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.31
Saputri, R. A. D. (2022). Peran Media Massa dalam Mempengaruhi Public Trust di Masyarakat. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 5(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.61332/ijpa.v5i1.37
Satyadinatha, I. N. D., & Yasa, I. K. W. P. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Dalam Pemasaran Umkm Di Era Industri 5.0. Waisya:Jurnal Ekonomi Hindu, 3(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/jw.v3i1.1604
Sirajul, F. Z. D. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Siregar, I. salim. dk. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5018
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Sulistira, A. N. F. D. (2023). Peran Komunikasi Penerimaan Aktif dalam Membangun Kerja Sama Tim dalam Organisasi. Journal of Social Science, 1(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.61105/jss.v1i1.22
Yasa, I. K. W. P. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Pengelolaan Dan Penataan Kawasan Wisata Kuta Menjelang MOTOGP. Jurnal Paryataka, 2(1), 128–142.
Zulkifli Hidayat, Fifi Hasmawati, M. R. H. (2024). Komunikasi Massa pada Media RRI Palembang dalam Eksistensi Media Online (RRI.CO.ID). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2490
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Komang Widya Purnama Yasa, Ni Wayan Alinda Dharma Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.