UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MEDIA KARTU BERPASANGAN SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM SIDOARJO

Authors

  • Noviana Desiningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Savitri Suryandari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Keywords:

hasil belajar IPAS, media kartu berpasangan

Abstract

Masih banyak siswa yang menganggap bahwa mata pelajaran IPAS sulit karena bersifat konseptual, memerlukan daya ingat yang kuat, dan pemahaman yang mendalam. Persepsi negatif mengenai pelajaran IPAS Kelas IV MI Darussalam Candi Sidoarjo. Pada pelajaran IPAS siswa masih kurang dalam memahami bagian dari tumbuhan. Permasalahan terkait dengan memahami bagian dari tumbuhan di sekolah dimana siswa masih mengalami kesalahan mengenai fungsi dari masing-masing bagian dari tumbuhan. Agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, diperlukan alat bantu yang dapat memudahkan murid dalam memahami konsep mengenai bagian- bagian tumbuhan beserta fungsinya. Pada tahap ini metode yang digunakan penulis adalah metode evaluasi. Metode ini dipilih sebab dianggap tepat dengan masalah yang ditemukan selama penelitian tindakan kelas berlangsung. Dalam menggunakan metode evaluasi ini di harapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang terjadi. Tujuan dari kegiatan riset tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki prestasi belajar IPAS mengenai materi tumbuhan dengan menggunakan metode kartu berpasangan sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswa kelas IV MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo. Pada penelitian tindakan kelas menggunakan media pembelajaran yaitu menggunakan media kartu berpasangan. Berdasarkan Observasi tersebut terbukti dengan data analisis kinerja siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan di setiap siklusnya. Peningkatan mencapai 40% pada tahap prasiklus, 60% pada Siklus I, dan meningkat menjadi 85% pada Siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa semakin meningkat..

References

Abdullah Idi, 2014. Pengembangan Kurikulum, Teori & Praktik, Jakarta: Rajawali Pers. Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Fachruddin, Imam. (2009). Desain penelitian manajemen. Malang: Universitas. Islam Negeri.

Novayanti, Dewi. 2017. Pengembangan Media Card Match (Kartu Berpasang) Pada Materi APBN dan PBD Kelas XI SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 05 Nomor 03 (2017).

Nugraha, Susanti, & Masykuri. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Tps) Yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk). Vol. 2 No. 4 Tahun 2013.

Sujana, I.W.C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29-39.

Rifai, Agus. 2010. Media Teknologi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles