PEMASARAN PARIWISATA MELALUI DIGITAL MARKETING OBJEK WISATA ALAM KALIBIRU (Studi Kasus di Provinsi DIY)
Keywords:
Pemasaran, Pariwisata, Digital Marketing, KalibiruAbstract
Pemasaran adalah satu bagian penting dan juga menjadi bagian pilar dimana memberikan jaminan sebuah kelangsungan dalam dunia usaha. Dalam era digitalisasi saat ini sendiri, sosial media memegang sebuah peranan yang penting untuk dapat dikenal secara luas dan cepat. Pariwisata sendiri memiliki sangat memiliki banyak manfaat terutama sebagai bagian pendapatan dalam sebuah daerah dan juga memajukan daerah tersebut. Kebutuhan pemasaran ini harus dilakukan dikarenakan mengikuti sebuah perkembangan jaman untuk terus berinovasi dan dapat terus hidup. Digital marketing adalah komponen yang tepat untuk dapat memasarkan berbagai hal dalam apa saja yang ingin dibagikan melalui platform yang tersedia. Dengan adanya strategi pemasaran dan juga melalui media sosial diharapkan dapat mendongkrak pariwisata.
References
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd Edition). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Referensi Jurnal:
Dini, M. (2023). THE INFLUENCE OF TECHNOLOGY AND SOCIAL MEDIA TO YOUNG INVESTOR INTERESTS TO INVEST WITH INVESTMENT KNOWLEDGE AS A MEDIATING VARIABLE. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 10(1), 211–219.
Dini, M. (2024). PAVING YOUR PATH TO PROFESSIONAL EXCELLENCE: BUILDING A SOLID CAREER FOUNDATION WITH ATS-FRIENDLY CV AND LINKEDIN MASTERY WORKSHOP. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 443–450. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal
Hastuti, R. S. C. (2023). MOTIVASI AKADEMIK DAN KAITANNYA DENGAN PENYESUAIAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN HYBRID DI JAKARTA. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i1.22739
Joni Saputra, A. (2024). PELATIHAN SISTEM PERPAJAKAN E-SPT DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA/I SMA DIAN BANGSA PADA INDUSTRI 4.0. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 451–458.
Juniarto, A. (2023a). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Audit & Perpajakan, 2(1), 94–108.
Juniarto, A. (2023b). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan. Journal on Education, 05(03), 7319–7334.
Juniarto, A. (2024). Mengungkap Dampak Ukuran, Struktur Modal, dan Pertumbuhan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur: Pendekatan Baru. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.52238/ideb.v5i1.153
Laurenc Widjaya, S. (2024). SOCIAL MEDIA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TO GEN Z: THE ROLE OF GREEN MARKETING COMMUNICATION AND SOCIAL INFLUENCE TO PURCHASE INTENTION. Media Bina Ilmiah, 18(11), 2893–2900. https://binapatria.id/index.php/MBI
Susanto, C. (2024a). Kaitan Spiritual Well Being Dan Academic Stress Pada Remaja Correlation of Spiritual Well Being and Academic Stress on Adolescent. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(1), 80–85. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.279
Susanto, C. (2024b). Kaitan Spiritual Well Being Dan Academic Stress Pada Remaja Correlation of Spiritual Well Being and Academic Stress on Adolescent. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(1), 80–85. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.279
Susanto, C., Hastuti, R., & Tiofanny, J. (2024). Kaitan Motivasi Akademik dan School Well-being Siswa SMA yang Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(3), 2498–2506. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6867
Yonata, H. (2024). PROFESI AKUNTAN BAGIAN DARI SENI, TEKNOLOGI DAN SAINS. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(01), 81–86.
Yulius, F. (2023). KAJIAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN DAN CITRA PERGURUAN TINGGI. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(3), 1072–1098.
Yulius Fanggidae, P. (2023). PERAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM MEMPENGARUHI PILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI TANGERANG RAYA DENGAN PENDEKATAN PENELITIAN KUALITATIF. AKMENIKA: JURNAL AKUNTANSI & MANAJEMEN, 20(2), 769–785. https://www.suara.com/tekno/2021/09/29/171815/ada-4600-perguruan-tinggi-di-indonesia-yang-
Ratu, I., & Adikampana, I. (2016). Pemasaran Pariwisata: Studi Kasus Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 5(2), 102-114.
Yoeti, O. A. (2016). Pemasaran Pariwisata dan Peranannya dalam Pengembangan Sektor Pariwisata. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 45-53.
Referensi Website:
American Marketing Association (AMA). (2012). Definition of Marketing. Diakses dari https://www.ama.org/the-definition-of-marketing/
GDPR.eu. (2020). General Data Protection Regulation (GDPR). Diakses dari https://gdpr.eu/
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2020). Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Diakses dari https://www.kemenparekraf.go.id/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DESI ISKA FADHILA, PRIMANTORO NUR VITRIANTO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.