PENTINGNYA AKSESIBILITAS MODA TRANSPORTASI, FASILITAS BANDAR UDARA, DAN KUALITAS PELAYANAN DI BANDAR UDARA SILAMPARI LUBUK LINGGAU SUMATERA SELATAN

Authors

  • Ahmad Nasrullah Trisakti Institute of Transportation and Logistics, Jakarta, Indonesia
  • Suharto Abdul Majid Trisakti Institute of Transportation and Logistics, Jakarta, Indonesia
  • Salahudin Rafi Trisakti Institute of Transportation and Logistics, Jakarta, Indonesia
  • Sandriana Marina Trisakti Institute of Transportation and Logistics, Jakarta, Indonesia
  • Aditya Wardana Trisakti Institute of Transportation and Logistics, Jakarta, Indonesia

Keywords:

Aksesibilitas moda transportasi, fasilitas bandar udara, kepuasan penumpang, kualitas pelayanan, bandar udara Silampari Lubuk Linggau

Abstract

Bandara memiliki peran kompleks dalam hal konektivitas dan kepuasan penumpang. Dari sisi konektivitas, hal ini tercermin pada aksesibilitas, dimana bandara meningkatkan akses ke berbagai wilayah, termasuk daerah terpencil. Hal ini memungkinkan penduduk di daerah yang kurang terlayani memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pendidikan, layanan kesehatan, dan pekerjaan. Dari segi kepuasan penumpang tercermin dari fasilitas dan pelayanannya, dengan adanya bandara yang menyediakan fasilitas seperti lounge yang nyaman, akses Wi-Fi, pilihan tempat makan dan berbelanja serta pelayanan pelanggan yang ramah dan responsif dapat meningkatkan kepuasan penumpang. Pentingnya aksesibilitas terhadap moda transportasi, fasilitas bandara dan kualitas pelayanan bandara terhadap kepuasan penumpang menjadi perhatian utama tulisan ini. Studi kasus dilakukan di Bandara Silampari Lubuk Linggau yang terletak di Sumatera Selatan, Indonesia, yang merupakan bandara domestik kelas tiga. Bandara ini memerlukan dukungan transportasi dan infrastruktur untuk pergerakan penumpang dan barang keluar masuk bandara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aksesibilitas moda transportasi dan fasilitas bandara terhadap kepuasan penumpang melalui kualitas pelayanan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang dengan jumlah responden maksimal 250 orang. Metode analisis data menggunakan deskripsi inferensial berbasis SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel memberikan nilai rata-rata yang baik, dimana hasil yang diperoleh menunjukkan nilai positif dan signifikan untuk setiap variabel dengan menguji pengaruh langsung dan tidak langsung diperoleh cara yang valid.

References

Majid, Suharto Abdul. (2009). Costumer Service dalam bisnis jasa transportasi. Jakarta: rajawali pers.

Rumondang,Astri. 2021,Manajemen Transportasi Udara,Jakarta: Yayasan Kita Menulis

A. Parasuraman, Valerie A. Zeithaml, and L. L. B. The Service Quality Handbook.

John R. DaSilva. Airport Planning and Design.

Majid,Suharto Abdul.,et al. (2022). “Strategi Peningkatan Konektivitas Udara di Indonesia melalui Kerjasama Segitiga Pertumbuhan Indonesia, Malaysia dan Thailand. Jurnal Akademik Studi Interdisipliner. doi:10.36941/ajis-2022-0125

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS) : alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis / oleh Willy Abdillah, Dr., M.Sc. & Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, MBA

Akhriadi, A., et al. (2016). "Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemilihan Moda Transportasi Udara (Studi Kasus Bandara Abdurachman Saleh Malang-Bandara Juanda Surabaya)." Jurnal Tata Kota dan Daerah 8(1): 1-12.

MAHENDRA, T. I. R. (2021). ANALISIS PERBANDINGAN PELAT SISTEM KONVENSIONAL DAN PRECAST HALF SLAB DITINJAU DARI SEGI

WAKTU DAN BIAYA (Studi Kasus: Proyek Lanjutan Pekerjaan Aksesibilitas Bandara Soekarno–Hatta), Universitas Mercu Buana Jakarta.

Purnama, D. P. S., et al. (2020). "Strategi dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Overpass Proyek Lanjutan Pekerjaan Aksesibilitas Bandara Soekarno-Hatta." Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK) 1(3): 6-12.

Sefaji, G. Y., et al. (2018). "Kesiapan Aksesibilitas Stasiun Solo Balapan dalam Melayani Trayek Kereta Api Penghubung Bandara Adi Soemarmo dan Kota Surakarta." Region: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif 13(1): 50-63.

Darus, M. D. and K. Mahalli (2015). "Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu." Jurnal Ekonomi dan Keuangan 3(6): 14857.

Badan Pusat Statistik Lubuk Linggau. (2023). “https://lubuklinggaukota.bps.go.id

/pressrelease/2023/03/02/1120/perkembangan-statistik-transportasi-udara kotalubuk linggau-januari-2023.html, diakses 29 Maret 2023 Pukul 20.20

ELFA, P. (2020). ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS BANDAR UDARA KELAS III TEBELIAN KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

Fakhrudin, A. and Y. A. Puspitasari (2022). "FASILITAS BANDARA (LAND SIDE) BANDAR UDARA INTERNASIONAL BANYUWANGI BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19."

Firdaus Rachmat, M. Y. (2021). ANALISIS FASILITAS BANDAR UDARA UNTUK MENCAPAI KEPUASAN PENUMPANG DI AREA PENGAMBILAN BAGASI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA,STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.

Firdausi, M. (2019). "Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang." Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil 4(1): 19-24.

Yuliana, D., et al. (2021). "Pengalaman Penumpang Terhadap Penerapan Digitalisasi Fasilitas Bandara di Bandara Udara Kualanamu Medan." Warta Ardhia 46(2): 84-95.

Firmansyah, A. A. and N. R. Sari (2023). "Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Batik Air di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang." El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4(6): 1695-1713.

Nursasi, H. and Y. Yenita (2023). "Pengaruh Kualitas Layanan Angkutan Umum Transjakarta terhadap Persepsi Penumpang terkait Aksesibilitas dan Keselamatan Perjalanan (Rute Cibubur-BKN)." Warta Penelitian Perhubungan 35(1): 59-66.

Tukuboya, T. A. and E. E. Prakosawati (2022). "Analisis Fasilitas Ruang Tunggu di Terminal Keberangkataan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Bagi Kepuasan Penumpang." Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 1(1): 1-7.

Akhriadi, A., et al. (2016). "Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemilihan Moda Transportasi Udara (Studi Kasus Bandara Abdurachman Saleh Malang-Bandara Juanda Surabaya)." Jurnal Tata Kota dan Daerah 8(1): 1-12.

Darus, M. D. and K. Mahalli (2015). "Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu." Ekonomi dan Keuangan 3(6).

Fakhrudin, A. and Y. A. Puspitasari (2022). "FASILITAS BANDARA (LAND SIDE) BANDAR UDARA INTERNASIONAL BANYUWANGI BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19."

Firdaus Rachmat, M. Y. (2021). ANALISIS FASILITAS BANDAR UDARA UNTUK MENCAPAI KEPUASAN PENUMPANG DI AREA PENGAMBILAN BAGASI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.

Fitria, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles