PENERAPAN SISTEM MENU ENGINEERING DALAM UPAYA MENGKLASIFIKASIKAN MENU PADA SOLUSI COFFEE & RESTO KOTA BATAM
Keywords:
Restoran, Menu Engineering, Tingkat Popularitas, Kontribusi Marjin, Klasifikasi Menu.Abstract
Solusi Coffee & Resto Batam adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pelayanan pangan (makanan dan minuman) dengan mengusung konsep instagramable, solusi berusaha menarik pelanggan dari semua usia dan memberi mereka kesempatan untuk bersantai. Saat ini Solusi sedang mengalami penurunan pengunjung, oleh sebab itu peneliti melakukan evaluasi terhadap menu yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui klasifikasi pada suatu menu yang menggunakan teori Menu Engineering dan studi kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Teori Menu Engineering terdiri dari dua variabel yaitu Tingkat Popularitas dan Kontribusi Marjin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan melakukan observasi secara langsung dan wawancara terhadap pihak manajemen Solusi Coffee & Resto. Berdasarkan dua variabel terbagi menjadi empat klasifikasi yang terdiri dari Star, Plowhorse, Puzzle, Dog. Dari 60 item menu makanan di Solusi Coffee & Resto yang termasuk dalam kelompok Star sebanyak 22 item menu dengan persentase 36,67%, kelompok Plowhorse sebanyak 15 item menu dengan persentase 25,00%, kelompok Puzzle sebanyak 15 item menu dengan persentase 25,00%, dan kelompok Dog terdiri dari 8 item menu dengan persentase 13,33%.
References
L. Principato, A. Di Leo, G. Mattia, and C. A. Pratesi, “The next step in sustainable dining: the restaurant food waste map for the management of food waste,” Ital. J. Mark., vol. 2021, no. 3, pp. 189–207, 2021, doi: 10.1007/s43039-021-00032-x.
M. J. Reinders, M. Huitink, S. C. Dijkstra, A. J. Maaskant, and J. Heijnen, “Menu-engineering in restaurants - adapting portion sizes on plates to enhance vegetable consumption: A real-life experiment,” Int. J. Behav. Nutr. Phys. Act., vol. 14, no. 1, pp. 1–11, 2017, doi: 10.1186/s12966-017-0496-9.
T. Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, pengetahuan dasar restoran, vol. 7, no. 2. 2020.
R. Ferdinand and E. Saputra, “Penerapan Teknik Menu Engineering Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Keuntungan Pada Hotel Swissbell Harbourbay Batam,” J. Manaj. Kuliner, vol. 3, no. 1, pp. 144–147, 2024, doi: 10.59193/jmn.v3i1.236.
M. Kravitz Hoeffner, “Restaurants Are Adjusting Menus, Adding Quarantine Meals.,” New York City, 2020.
J. C. Carrillo Ocampo, M. Marshall, L. Wellton, and I. M. Jonsson, “When sustainable cuisine imaginaries become unsustainable: Storage and preservation practices in Swedish restaurants,” Int. J. Gastron. Food Sci., vol. 24, no. March, p. 100353, 2021, doi: 10.1016/j.ijgfs.2021.100353.
S. Fainshmidt, M. A. Witt, R. V. Aguilera, and A. Verbeke, “The contributions of qualitative comparative analysis (QCA) to international business research,” J. Int. Bus. Stud., vol. 51, no. 4, pp. 455–466, 2020, doi: 10.1057/s41267-020-00313-1.
and G. W. Higgins-Desbiolles, F., ““The Critical Capacities of Restaurants as Facilitators for Transformations to Sustainability.,” J. Sustain. Tour., vol. 27, pp. 1080–1105, 2018.
S. Quirk, C. Gibson, and N. Cook, “More-than-transactional circular economies: the café-urban farm nexus and emergent regional food waste circuits,” Local Environ., vol. 29, no. 6, pp. 750–765, 2024, doi: 10.1080/13549839.2024.2330399.
J. Juliana, A. Pramezwary, N. A. Nukak, and J. Muller Hasoloan Situmorang, “Using Contribution of Menu Engineering in Upscale Restaurants to Enhance Sales Volume,” Int. J. Soc. Manag. Stud., vol. 2, no. 4, pp. 1–12, 2021.
M. H. Siti, “Penerapan Metode Rekayasa Menu (Menu Engineering) Untuk Menentukan Klasifikasi Menu Item Pada Sejalan Coffehouse Kabupaten solok,” 2022, [Online]. Available: http://eprints.umsb.ac.id/648/%0Ahttp://eprints.umsb.ac.id/648/1/%28181000293302014%29 Siti Mirza Hanafiah %281%29.pdf.
R. W. Ayodya, “Usaha Rumah Makan Laris Manis,” Jakarta PT Elex Media Komputindo, 2013.
G. Ton, “Contribution analysis of a Bolivian innovation grant fund: mixing methods to verify relevance, efficiency and effectiveness,” J. Dev. Eff., vol. 9, no. 1, pp. 120–143, 2017, doi: 10.1080/19439342.2016.1231702.
B. L. Chua, S. Karim, S. Lee, and H. Han, “Customer restaurant choice: an empirical analysis of restaurant types and eating-out occasions,” Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 17, no. 17, pp. 1–23, 2020, doi: 10.3390/ijerph17176276.
Mertayasa and Komalawati, “Analisis Menu Dalam Meningkatkan Penjualan Makanan Pada Coffee Shop Restoran Puri Saron Denpasar-Bali (I Gede Agus Mertayasa 1),” Manajemen, vol. 14, no. 2, p. 2, 2019.
K. M. K. Wardani, C. G. P. Yudistira, N. K. SUCIANI, and K. KASIANI, “Peningkatan Penjualan Main Course Menu Pada Prego Restaurant the Westin Resort Nusa Dua – Bali (Pendekatan Menu Engineering),” Ganec Swara, vol. 17, no. 1, p. 338, 2023, doi: 10.35327/gara.v17i1.406.
Solihin, I. A. K. W. Damayanti, and M. Suardani, “Pengantar Hotel dan Restoran,” Pengantar Hotel dan Restoran, pp. 1–109, 2021.
N. Widyastuti, “Manajemen Pelayanan Makanan,” k-media,76, 2018.
Y. Dania, “Menu Engineering Sebagai Langkah Penetapan Produk Makanan Di Restoran Onang-Onang Pada Inna Parapat Hotel,” Manaj. Tools, vol. 44, no. 8, pp. 235–236, 2020, doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.
A. Husada, D. D., Asmara, D., & Suroto, “(2018). Pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan Di Restoran Epice Hotel Alila Solo. , 14(1), 94–114.,” J. Pariwisata Indones., pp. 94–114, 2018.
D. Maha, K. A., Cahyandito, M. F., & Purnomo, “Mapping of business potentials of Maha orange plantation using the business model Canvas and BCG matrix. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 443, 012045,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. 443, 012045, 2020.
S. N. Hasanah, “Rekayasa Menu Pastry Product di Lobby Lounge Grand Royal Panghegar Bandung,” Rekayasa Menu Pastry Prod. di Lobby Lounge Gd. R. Panghegar Bandung, 2018.
P. F. P. Zin, R. A., Bombana, L. P., & Barcellos, “Evaluation of two companies’ sales teams with the BCG matrix using profit and contribution margin.,” Gest. e Prod., vol. 25, no. 4, pp. 826–838, 2018.
M. Gutiérrez, “Making better decisions by applying mathematical optimization to cost accounting: An advanced approach to multi-level contribution margin accounting,” Heliyon, vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06096.
J. W. Creswell, “Research Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches Design Fourth Edition. In Sage Publications,” Sage Publ., 2014.
Kaharuddin, “Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi,” J. Pendidik., vol. IX, no. 1, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium.
M. A. Sandu Siyoto & Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. 2018.
Made Merta, “Menu Engineering Sebagai Langkah Penetapan Strategi Pemasaran Pada Restoran Sari Laut Restu Bali Made Merta,” J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 5, no. 3, pp. 1–11, 2018.
G. García-Vidal, A. Sánchez-Rodríguez, R. Pérez-Campdesuñer, and R. Martínez-Vivar, “Contribution margin and quantity matrix to analyze the product portfolio in the context of SMEs. Criticism of the BCG matrix and its alternatives,” Cogent Bus. Manag., vol. 10, no. 3, 2023, doi: 10.1080/23311975.2023.223327
D. Husada, D. Asmara, and A. Suroto, “Pengaruh Penerapan Rekayasa Menu Terhadap Tingkat Penjualan Di Restoran Epice Hotel Alila Solo,” J. Pariwisata Indones., vol. 14, no. 1, pp. 94–114, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susilawati, Arina Luthfini Lubis, Eva Amalia, Agung Arif Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.