PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA WISATA SAMIRAN KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH

Authors

  • Faradila Anggun Surya Rini Politeknik Pariwisata Bali, PSDKU Sragen
  • Hastuti Nurhayati Politeknik Pariwisata Bali, PSDKU Sragen
  • Lintang Kumalasari Politeknik Pariwisata Bali, PSDKU Sragen

Keywords:

Promosi, Minat Berkunjung

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi, terhadap minat berkunjung wisatawan di Desa Wisata samiran Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang menggunakan kuesioner  untuk mengumpulkan data.Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 102 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa promosi, mempengaruhi minat berkunjung wisatawan secara nyata dengan korelasi product moment positif, hal ini menunjukkan peningkatan promosi, akan diikuti peningkatan minat berkunjung wisatawan, begitu pula sebaliknya. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, dengan korelasi sebesar 0,579. Hal ini menunjukkan bahwa promosi, mempengaruhi secara nyata terhadap minat berkunjung wisatawan secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 57,9%. Promosi, mempengaruhi minat berkunjung wisatawan secara nyata, baik secara individual maupun secara bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan minat berkunjung wisatawan perlu adanya peningkatan promosi penjualan yang lebih menarik, dan adanya program atraksi wisata yang baru sehingga tidak monoton dan dapat menunjang daya tarik wisata lainnya.

References

Ahmadin F, 2022 PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN PROMOSI TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI PANRITA LOPI KECAMATAN MUARA BADAK eJournal Administrasi Bisnis, 2022, 10(1): 20-26

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008

Aryani L, et.al (2023) Analysis of Promotion, Price, and Quality of Service to Interest in Visiting Tourists at The State Museum of Banten; International Journal of Management, Entrepreneurship, Social Science and Humanities, Specific Issue: Vol. 6 No. 1

Ayu Lestari, Eka Fadilah. (2019). “Pengaruh Media Sosial, Daya Tarik, Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung.” Skripsi Thesis, Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Desak Putu Henny Puspawati dan Ristanto. (2018). “Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang,” Jurnal Jendela Inovasi Daerah Vol.I No. 2, Desember, 3. http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/14/ 4.

Ernawan et.al 2023, THE INFLUENCE PROMOTION ON CONSUMER TASTES IN THE DECISION OF TOURIST TO VISIT BANGKA BOTANICAL

Ghifari, H et.al 2023 The Effect of Service Quality and Promotion on Visiting Decisions at Betawi Cultural Villages Formosa Journal of Sustainable Research (FJSR) Vol.2, No.3, 2023:

Hendrajaya et.al 2023 The Influence Of Promotion And Quality Of Tourism Products On Tourist Satisfaction Mediated By Brand Image In Banyumulek Tourism Village, West Lombok District: Proceeding of International Conference on Digital Advance Tourism, Management and Technology 2023 Volume. 1 No. 2 2023 e-ISSN : 3031-5999, Hal 58-67

Kotler, Philip, A.B Susanto, Manajemen pemasaran di Indonesia, Jakarta: salemba empat, 2016

Lutur N, 2020: PROMOTION AND QUALITY OF SERVICE WITH INTERESTS TO VISIT TOURIST OBJECTS: SYSTEMATIC SEARCH; «EUREKA: Social and Humanities» Number 2

Sugiyono. (2019). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, et.al 2021: THE RELATIONSHIPS BETWEEN DESTINATION IMAGE, TOURIST INTEREST IN TRAVELING AND PROMOTION: THE CASE OF BEDENGAN, MALANG, INDONESIA Journal of Event, Tourism and Hospitality Studies, Vol. 1, No.1 (July) 2021, pp: 143-162

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Kepariwisataan.

Syahrul, et.al 2021, PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK KE MUSEUM SURABAYA: Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) p-ISSN: 2338-8633 Vol. 9 No. 1, Juli

Xia Y, 2023, How Has Online Digital Technology Influenced the On-Site Visitation Behavior of Tourists during the COVID-19 Pandemic? A Case Study of Online Digital Art Exhibitions in China; Sustainability 2023, 15, 10889

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles