ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARKOP DJENAKA DI SAMPIT

Authors

  • Andri Riyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit
  • Muamar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Warkop Djenaka di Sampit” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 360 responden yang merupakan konsumen Warkop Djenaka. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Strategi Pemasaran (X1) Dan Kualitas Pelayanan (X2), sementara variabel dependen adalah Kepuasan Konsumen (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi, ditemukan bahwa strategi pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai thitung sebesar 15,633 yang lebih besar dari ttabel 1,96665 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan juga memberikan pengaruh signifikan dengan nilai thitung sebesar 3,491 yang lebih besar dari ttabel 1,96665 dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Secara simultan, strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai fhitung sebesar 413,441 yang lebih besar dari ftabel 3,02 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,836. Sedangkan analisis determinasi menunjukkan bahwa 69,8% variasi kepuasan konsumen dipengaruhi oleh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti Pengalaman Konsumen, Kualitas Produk, Harga atau Inovasi layanan dan lain sebagainya. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Warkop Djenaka, di antaranya adalah meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelatihan karyawan dan penerapan teknologi digital, serta optimalisasi strategi pemasaran dengan memperluas pemasaran digital dan mengembangkan program loyalitas. Penelitian ini juga menyarankan adanya penelitian lanjutan dengan menambahkan variabel lain serta memperluas cakupan lokasi penelitian.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Asi, Y. S., Assagaf, A., & Indrasari, M. (2024). The Determinans Of Purchase Decision Through Customer Satisfaction Moderated By Social Media Marketing On Traditional Product Of Micro Small And Medium Entereprises (Msmes) Of Central Kalimantan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 1-to.

Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review, 8(7), e02634-e02634.

Andi Riyanto. (2018). Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 10–27.

Antoni, A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Laundry A’ Ang Disampit. 1(1), 35–43.

Butarbutar, I. P., Purnamasari, N., & Safitri, K. (2023). AN ANALYSIS ON FIVE FORCES DAN BCG MATRIX FOR APPLE INC. COMPANY. Maker: Jurnal Manajemen, 9(2), 229-240.

Chandra, T. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyality: Tinjauan Teoritis.

Euisnawati, R. D., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2022). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bimba solusi kids unit candrabaga bekasi. 18(2), 128–137.

Fajrin, S. N., & Harahap, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Kelengkapan Produk dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Togamas Supratman Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1325–1330. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4469

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Febriansyah, K. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kopi Studio 24 Malang. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta., 28–29.

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2018). (2018). Multivariate Data Analysis. In International Journal of Multivariate Data Analysis (Vol. 1, Issue 2).

Hanaysha, J. (2016) Testing the Effects of Service Quality, Advertising, and Brand Image on Customer Loyalty, Journal of Business and Retail Managemen Research, 11(1), 1-10.

Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., ... & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International journal of data and network science, 6(2), 477-486.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016) Marketing Management (15th ed). Pearson.

Kurniasih, D., Rusfiani, Y., Subagyo, A., & Nuradhawati, R. (2021). Teknik Analisa. Teknik Analisa

Kusumawati, A., & Sutanto, J. (2020). "Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan."Jurnal Manajemen Pemasaran, 5(3), 123-130.

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. Ekonomi, 3(2), 19–27.

Noviyani, H. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan PT.Adi Sarana Armada, Tbk Lampung. Ekonomi Dan Bisnis Perbankan, 24(6), 144–205.

Oliver, R. L. (1980). A cognitive model of the antecedents and consequences of satisfaction decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460-469. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/002224378001700405

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/002224298504900403

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Pramesworo, I. S. (2024). Analysis Of The Interaction Between Marketing Communication Strategies And Economic Factors In Consumer Decision Making: Integrating Microeconomic Perspective And Communication Theory. International Journal of Artificial Intelligence Research, 8(1.1).

Prasetyo, T., & Wibowo, R. (2019). "Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen." Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(2), 234-245.

Purnomo, E. C. (2024). PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MOCACINO PADA TOKO MEISYA DI SAMPIT. Media Bina Ilmiah, 18(12), 3297-3312.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Tealiabilitasi Untuk Penelitian Ekonomi Syariah. In Staiapress (Vol. 13, Issue 1).

Riyadi, A. (2022). E-Jurnal Surplus ( Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan ) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan. 2(1), 25–34.

Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.

Sari, R. M. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Sabun Cair Merek Lux (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Semper Timur Jakarta Utara). Maulya Alfika, 2004, 6–25. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7248

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Setiyani, M. S. (2020). “Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih Warung Kopi.” 1–9.

Soewito dan Isnainy, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada RM. Pepes Ayam. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , Universitas Bandar Lampung, 26, 9. https://osf.io/9uyqs/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung

Sulaeman, I. (2013). Kualitas Pelayanan Dan Startegi Marketing Terhadap Kepuasan Pada Suria City Hotel Bandung. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2), 77. https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.37

Sumarsid, & Paryani, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Susanto, H., & Wiyono, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Mobil New Ayla Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Tri Mandiri Sejati Di Sampit). E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(1), 8–20.

Syahira, A., Arista, R., & Akbar, Y. (2023). Analisis Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan pada Toko Syurga Kurma Kecamatan Medan Tembang. 2, 253–259.

Syahza, A., & Riau, U. (2021). Buku Metodologi Penelitian , Edisi Revisi Tahun 2021 (Issue September).

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles