EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM PELATIHAN AWAK KABIN BERBASIS KOMPETENSI LEMBAGA DIKLAT P3NUSANTARA YOGYAKARTA
Keywords:
implementasi, kurikulum berbasis kompetensi, Kirkpatrick evaluation modelAbstract
Kurikulum adalah hal paling mendasar dari suatu kegiatan pembelajaran, yang berfunsi sebagai acuan dan tolak ukur tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini adalah bentuk studi kasus pada lembaga diklat P3NUSANTARA yang menggunakan Kurikulum Pelatihan Awak Kabin Berbasis Kompetensi dalam training programnya, dimana dalam waktu tiga tahun terakhir mengalami penurunan jumlah peserta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengukur kepuasan peserta terhadap kurikulum dalam training program, sekaligus menganalisa hasil belajar dan perubahan tingkah laku peserta sebagai hasil dari pembelajaran. Keefektifan dari kurikulum dilihat dari hasil akhir yang dicapai oleh peserta. Evaluasi empat tahap oleh Kirkpatrick dipilih untuk mengukur dan menganalisa 1) reaction, 2) learning, 3) behavior, 4) result; yang hasilnya dapat digunakan untuk menemukan jawaban yang dibutuhkan sebagai perbaikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang disertai dengan wawancara, dokumentasi dan pengisian kuisioner, yang dianalisa dengan teknik Miles & Huberman. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil; 1) hasil pengukuran reaksi ialah 71,87% peserta merasa puas, 2) analisa hasil belajar peserta terukur 46,88% peserta mendapatkan nilai sedang, 21,88% peserta nilai tinggi dan 6,25% mendapatkan nilai sangat tinggi, 3) perubahan dalam perilaku ialah; 78,1% berperilaku baik selama kegiatan on job training dan 59,3% berperilaku baik selama diklat, 4) hasil dari mengikuti pelatihan ialah; 40,6% peserta mendapatkan pekerjaan sesuai dengan tujuan Kurikulum Pelatihan Awak Kabin Berbasis Kompetensi.
References
World Health Organization, 2021, Weekly operational update on Covid-19 30 August 2021, https://www.who.int, diakses tanggal 29 September 2022
Badan Pusat Statistik, 2021, Pertumbuhan-Ekonomi-Triw-II-2021-ind, https://www.bps.go.id/website/images/, diakses tanggal 01 Oktober 2022
ICAO, 2022, Economic Impacts of COVID-19 on Civil Aviation . https://icao.int, diakses tanggal 24 September 2022
Badan Pusat Statistik, 2023, Badan Pusat Statistik, https://archive.bps.go.id, diakses tanggal 13 Maret 2023
IATA, 2022, International Air Transport Association, https://iata.org, diakses tanggal 12 Maret 2023
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, 2022, Buku Profil DJU Juni 2022, https://hubud.dephub.go.id/assets/file/bukuprofil/, diakses 09 September 2022
Rusman, 2021, Manajemen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan Konsep, Pengembangan dan Evaluasi, Rajawali Press, Depok.
Gallagher, Myles. 2017, Educational Technology for Teaching and Learning, Library Press, New York.
Bachri, Widi Asih Nurhajati dan Bachtiar Sjaiful, 2017, Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi Dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS), Jurnal Pendidikan Teori dan Praktik, Vol.2, No.2, Hal 156-164
Kemendikbudristek, 2022 Inspektorat Jenderal Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, https://ditjen.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 10 November 2023
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi “Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi", 2022, Direktorat Kursus dan Pelatihan, https://kursus.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 09 November 2023
Kirkpatrick, 2023, Donald L. Kirkpatrick PartnersLLC,https://www.kirkpatrickpartners.com, diakses tanggal 7 November 2023
Zainal Arifin, 2019, Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Non Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Rosyada, Dede. 2020, Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan, Kencana, Jakarta
Sugiyono, 2023, Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif, Ed. 3, Alfabeta, Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dessy Aurelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.