EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI KEDAI KOPI KARANGJATI: PERSPEKTIF KEUANGAN

Authors

  • Tuti Lutfi Pauziah Manajemen Keuangan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Henry Yuliamir Manajemen Keuangan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

Keywords:

Kinerja Operasional, Manajemen SDM, Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional dan manajemen sumber daya manusia (SDM) di Kedai Kopi Karangjati, dilihat dari perspektif keuangan. Kinerja operasional yang efisien dan pengelolaan SDM yang baik merupakan faktor kunci dalam meningkatkan profitabilitas dan keberlangsungan usaha, khususnya pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melalui wawancara mendalam, observasi, studi kasus, dan analisis dokumen. Penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan persediaan di Kedai Kopi Karangjati sudah cukup baik, meskipun terdapat tantangan dalam pengendalian biaya terkait fluktuasi harga bahan baku. Di sisi lain, manajemen SDM memberikan dampak positif terhadap produktivitas karyawan, namun masalah retensi karyawan masih perlu diperbaiki. Dampak keuangan menunjukkan adanya peningkatan laba bersih berkat efisiensi operasional, namun masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengendalikan biaya operasional. Penelitian ini memberikan rekomendasi seperti penerapan strategi pembelian bahan baku yang fleksibel dan perbaikan struktur gaji serta pengaturan kerja untuk meningkatkan retensi karyawan. Hasil penelitian ini penting karena memberikan panduan bagi pengelola Kedai Kopi Karangjati dalam menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja operasional dan SDM, sehingga mendukung pertumbuhan finansial yang berkelanjutan.

References

Azzahra, B., Gede, I., Raditya, A., & Wibawa, P. (2021). Sebagai Katalis Perekonomian Indonesia Dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045. Inspire Journal: Economics and …, 75–86. https://ejournal.uksw.edu/inspire/article/download/4856/1771

Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383

Harahap, Y. R. (2014). Vol 14 No . 1 / Maret 2014. Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Yang Dimiliki Pelaku Umk Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umk, 14(2000), 66–76.

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.

Paruli, E., & Santosa, W. (2023). Efek Mediasi Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Hubungan Implementasi Manajemen Rantai Pasok Dengan Kinerja Umkm Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2279–2288. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.16862

Rahayu, A. J. P. A. E. (2024). PENGARUH KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKMDI HOTEL GRAND MERCURE MALANG MIRAMA. 8(2), 1814–1823.

Ricky Anggrean, Enik Rahayu, Hendrajaya, H., Heni Krisnatalia, & Bayu Ade Prabowo. (2024). Understanding Customer Satisfaction: Evaluating Product Quality And Marketing Mix of Koffee Talk At Radja Hotel Semarang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 118–125. https://doi.org/10.62504/jimr443

Wahid, N. N. (2017a). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan, Analisis. 01(2), 1–21.

Wahid, N. N. (2017b). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Akuntansi, 12(1), 53–68. https://doi.org/10.37058/jak.v12i1.295

Winarso, B. S., & Kurniawati, I. K. (2022). Pengaruh Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan, Kompetensi UMKM dan Latar belakang pendidikan terhadap Kinerja UMKM. Journal Competency of Business, 6(01), 26–37. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.12

Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles