IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PROMOSI FOOD & BAVERAGE PRODUK DI HOTEL CHANTI SEMARANG

Authors

  • Aninda Wijayanti Universitas STIKUBANK
  • Wahyu Mafatikhul Aulia Universitas STIKUBANK
  • Sri Yulianto Fajarpradapa Universitas STIKUBANK

Keywords:

digital marketing, food & baverage product, optimalisasi pemasaran

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi digital marketing dalam mengoptimalkan pemasaran produk Food & Beverage di Hotel Chanti. Dengan persaingan bisnis perhotelan yang semakin ketat, penggunaan strategi digital marketing seperti media sosial, serta pemasaran konten menjadi elemen penting untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dan analisis data dari platform digital yang digunakan oleh Hotel Chanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing mampu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan secara signifikan, khususnya melalui media social.

References

Andres Kaplan & Michael Haenlein, 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

B. Snoj, A.P. Korda, dan D. Mumel. 2004. The Relationships Among Perceived Quality, Perceived Risk and Perceived Product Value. The Journal of Product and Brand Management. Volume 13, No. 2/3: 156-167.

Buhalis, D., & Law, R. 2008. Progress in information technology and tourism management : 20 years on and 10 years after the Internet — The state of eTourism research. Tourism Management, 29, 609–623. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2008.01.005

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2019. Digital Maketing Strategy, Implementation and Practice (Fifth Edition). Pearson.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Line, N. D., & Runyan, R. C. 2014. Destination marketing and the servicedominant logic: A resource-based operationalization of strategic marketing assets. Tourism Management, 43, 91–102. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.01.024

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles