OPTIMALISASI PERAN MASYARAKAT DALAM MENGELOLA SARANA HUNIAN PARIWISATA DI KEK MANDALIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Keywords:
sarhunta, kek mandalika, Optimalisasi, SWOT, akomodasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta merumuskan upaya-upaya yang diperlukan agar masyarakat dapat lebih efektif dalam mengelola Sarhunta di KEK Mandalika. Jenis penelitian yaitu kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur, studi pustaka, dan dokumentasi serta menganalisis data menggunakan analisis SWOT (strength weakness, opportunity, and threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sarhunta di KEK Mandalika memiliki beberapa keunggulan, seperti lokasi yang strategis, fasilitas yang memadai, layanan yang ramah dan personal, serta reputasi yang baik di kalangan wisatawan. Namun, ada juga beberapa kelemahan yang perlu diatasi, termasuk keterbatasan dana, promosi yang kurang efektif, dan keterampilan sumber daya manusia yang masih terbatas. Peluang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain peningkatan tren wisata lokal dan autentik, dukungan pemerintah, kemajuan teknologi dan pemasaran digital, serta peningkatan pariwisata domestik. Di sisi lain, ancaman yang perlu diantisipasi meliputi persaingan yang ketat, risiko bencana alam, isu keamanan, dampak lingkungan, dan potensi perubahan fungsi Sarhunta menjadi hunian pribadi. Upaya yang diperlukan dalam mengoptimalkan pengelolaan Sarhunta di KEK Mandalika yaitu Pertama, dengan Memaksimalkan Lokasi Strategis di KEK Mandalika, Pengembangan Usaha Lanjutan, dan Memanfaatkan Tren Wisata Lokal. Kedua, Meningkatkan Reputasi untuk Menghadapi Persaingan Usaha dan Antisipasi Isu Lingkungan. Ketiga, yaitu dengan cara Peningkatan Keterampilan Pengelola Sarhunta dan Pengelolaan Dana dan Promosi. Keempat, yaitu dengan cara Mencegah Penurunan Fungsi Sarhunta dan Mitigasi Dampak Bencana dan Keamanan.
References
. Angela, N., & Ketut, S. I. (2021). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Citra Merek Perusahaanterhadap Kepuasan Pembeli Pada Terapi Nuga Best Tahun 2020: The Influence Of Company Reputation And Company Brand Image On Buyer Satisfaction On The Best Nuga Therapy In 2020. Arthaniti Studies, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.5549338
. FH, F. (2020). Budaya Perilaku Bersih Di Desa Penglipuran Bali. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 149. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1960
. Goranczewski, B., & Puciato, D. (2011). SWOT analysis in the formulation of tourism development strategies for destinations. Turyzm/Tourism, 20(2), 45–53. https://doi.org/10.2478/v10106-010-0008-7
. Kurniansah, R., & Hakim, J. (2024). Dinamika Pengelolaan Sarhunta Oleh Masyarakat Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok Tengah-Indonesia. Media Bina Ilmiah, 18(8), 2065–2076.
. Majid, N. (2020). Peran Reputasi Perusahaan dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Maskapai Penerbangan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.47747/jismab.v1i2.51
. Mashuri, M., Eryana, E., & Ezril, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Sukaramai Di Kecamatan Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 138–154. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.158
. Panggalo, D. (2020). Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pada Pt. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 40–52. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i1.810
. Rachmat, S. (2022). Tingkat kesadaran wisatawan terhadap lingkungan di wana wisata Batu Kuda Kabupaten Bandung Rachmat Syam. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
. Rizal, K. dkk. (2016). Pelatihan Pengelolaan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Bagi Masyarakat Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(5), 1–23.
. Sagala, P. (2021). Perencanaan Sarana Hunian Pariwisata (Homestay) Di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba, Desa Lumban Gaol, Kabupaten Toba Samosir - Sumut, 1(2), 12–18.
. Saputra, H., & Azizah, Y. W. (2023). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1109. Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal, 09(2), 1109–1114. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
. Sarim. (2017). Pengaruh Fasilitas Wisatawan Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, Vol.3(2), 294–374. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/
. Satriawati, Z., & Prasetyo, H. (2023). Kajian Minat Masyarakat Terhadap Pariwisata Alternatif Dan Wisata Pedesaan Melalui Google Trends. Kepariwisataan: Jurnal …, 17, 18–26. Retrieved from http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/198
. Sholihah, T. (2020). Pengaruh Tren Pariwisata Alternatif Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial (Studi Pada Destinasi Ekowisata Di Yogyakarta), 21(1), 1–9.
. Sidabutar, D. K., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Pengelolaan Lingkungan dan Kenyamanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Kampung Wisata Sawah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1207–1212. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3203
. Sugiarto. (2024). Analysis of the relationship of tourist accommodation with sustainable tourism in Banyuwangi. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 10(1), 16–22. Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata
. Suwinardi, S. (2019). Langkah Sukses Memulai Usaha. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 195. https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1317
. Utomo, & Silfia. (2023). The Impact of the Tourism Housing Facilities Program ( Sarhunta ) on Improving the Economy of the Ngadisari Village Community , Probolinggo Regency ( using the Social Return on Investment ( SROI ) method ), 6(1), 141–150.
. Wardana. (2018). Identifikasi Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Wisata Berdasarkan Persepsi Pengunjung Di Pantai Sipelot Kabupaten Malang. Jurnal Kepariwisataan, 17(3), 2.
. Wibowo, A. (2019). Strategi Pengelolaan Desa Wisata Penglipuran Kabupaten Bangli. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 91–96.
. Yuninata, D. (2023). Analisa Pembangunan Akomodasi Penginapan Terhadap Pariwisata Berkelanjutan Desa Dieng Kulon. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 353–360. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.53450
. Yusuf, I., & Hadi, T. S. (2020). Studi Literatur : Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perubahan Lahan. Pondasi, 25(2), 157. https://doi.org/10.30659/pondasi.v25i2.13041
. Zouni, G., & Gkougkoulitsas, T. (2019). Tourism Marketing Strategies Incorporating Both Tourists and Tourism Professionals: The Case of Thessaloniki, Greece. In Advances in Science, Technology and Innovation (pp. 161–165). https://doi.org/10.1007/978-3-030-10804-5_16
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizal Kurniansah Rizal, Masrun, Siti Hamdiah Rojabi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.