PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN BABY WATCHBOOK TERHADAP KETERAMPILAN IBU TENTANG PENILAIAN PERKEMBANGAN BAYI USIA 3 SAMPAI 6 BULAN
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i1.98Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Baby Watchbook, BayiAbstract
Latar Belakang: Indonesia Pediatric Society pada tahun 2011 menyebutkan kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan di dunia, pada anak usia 0-5 tahun mencapai 3 juta anak. Prevelensi diperkirakan setiap tahun sekitar 5-10% anak yang lahir mengalami keterlambatan perkembangan secara umum. Salah satu perkembangan yang penting untuk dipantau adalah perkembangan motorik karena banyak kinerja kognitif yang berakar pada keberhasilan perkembangan motoriki. Gabungan antara interaksi ibu dan anak yang positif, latihan fisik dan stimulasi dini akan meningkatkan perkembangan motorik anak. Salah satu media untuk membantu meningkatkan keterampilan orang tua bayi maupun balita dalam memantau dan menilai perkembangan bayi maupun balita mereka yaitu dengan Baby Watchbook media ini berbentuk buku berisi gambar, tabel dan informasi tentang cara pemantauan perkembangan bayi dan balita.Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Baby Watchbook Terhadap Keterampilan Ibu Tentang Penilaian Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 6 bulan di Puskesmas Karang Taliwang. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah PreExperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah ibu bayi usia 3-6 bulan dengan jumlah sampel 30 orang. Analisis data menggunakan wilcoxon. Hasil Penelitian: Hasil nilai rata-rata dari skor KPSP sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan baby wachbook adalah 1,12 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan baby wachbook nilai rata-rata menjadi 1,66. Setelah dilakukan uji statistic menggunaakan wilcoxon nilai signifikan p sebesar 0,009<0,05. Kesimpulan: terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan baby watchbook terhadap keterampilan ibu tentang penilaian perkembangan bayi usia 3 sampai 6 bulan. System
References
Agustina, Ina Mariana Ony Betan (2017) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Balita Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Dalam Melakukan Deteksi Dini Perkembangan Anak di Pusat Kesehatan Masyarakat SikumanaKota Kupang.http://jurnal.poltekeskupang.ac.id/index.php/infokes/article/view/123/120
Anggraini, Temmy Lanovia; Handajany, Sofie. Pengaruh Karakteristik Ibu Terhadap Perkembangab Anak Diposyandu mawar II Desa Pasir Gombong Kab. Bekasi Tahun.Jurnak Kesehatan Bhakti Husada . [Sl], v. 5, n. 1, hal. 43 - 48,
Destiana, Riska; Yani Erna Rahma; Yanuarini, Triatmi Andri. 2017. Kemampuan Ibu Melakukan Stimulasi Untuk Perkembangan Bayi Usia 3-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Puhjarak. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 56 - 65,
Febrina, Suci Hati., & Prasetya Lestari. 2016. Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, Vol. 4, No. 1, Tahun 2016, 44-48.
Kholifah, S. N., Fadillah, N., As’ari, H., & Hidayat, T. 2014. Perkembangan Motorik Kasar Bayi Melalui Stimulasi Ibu di Kelurahan Kemayoran Surabaya. Jurnal Sumber
Soetjieningsih., Ranuh, IG. N Gde. 2017. Tumbuh Kembang Anak, Edisi 2. Jakarta: EGC.
Utami, S (2018). Pengaruh Metode Pelatihan Terhadap Kemampuan Ibu Dalam Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia 0-2 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya. Tesis ADLN Perpustakaan Universitas Ailangga
Wawan, A dan Dewi, M. (2010). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wulandari, Dyah Ayu, dkk. 2014. Pengaruh Pemberian Stimulasi Alat Permainan Edukatif (APE) Terhadap Aspek Perkembangan Anak Prasekolah. Boyolali: Jurnal kesehatan. No.5:37-42
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Baiq Eka Putri Saudia, Rohmiatul Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.