ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN JASA KAMAR HOTEL

Authors

  • Andres Putranta Sitepu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang
  • Masyitah As-Sahara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang
  • Charly Marlinda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang
  • Sri Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i1.96

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan sistem informasi akuntansi penjualan jasa kamar hotel dengan kesesuaian secara teori di de Bintan Villa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu observasi dan wawancara, dan data sekunder yaitu kepustakaan. Dalam teknik wawancara, peneliti melakukan wawancara kepada 3 orang narasumber yang mengetahui sistem informasi akuntansi penjualan jasa kamar. Berdasarkan hasil penelitian mengenai sistem informasi akuntansi penjualan jasa kamar hotel di de Bintan Villa yaitu adanya unsur-unsur yang meliputi input, model, output, teknologi, basis data dan pengendalian. Fungsi yang terkait meliputi, fungsi penjualan, fungsi kas dan fungsi akuntansi. Prosedur yang terkait meliputi prosedur pencatatan penjualan, dan prosedur pencatatan harga pokok penjualan. Dokumen yang terkait meliputi guest bill card, registration form, guest bill, cash receipt, captaion order, breakfast voucher, formulir paid out, form penggantian barang, bukti setor bank, rekap harga pokok penjualan. Catatan akuntansi yang terkait meliputi buku kas, buku besar, laporan keuangan, jurnal penjualan, jurnal umum, jurnal penerimaan kas, dan bin card. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sistem informasi akuntansi penjualan jasa kamar hotel di de Bintan Villa belum berjalan dengan efektif karena masih terdapat beberapa kekurangan yang tidak sesuai dengan kajian teori.

References

Ahmad, B. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anggraeni, C. (2014). ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI JASA PENJUALAN KAMAR DAN JASA RESTORAN HOTEL DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGENDALIAN INTERN (Studi pada UB Hotel Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 1–10.

Kurniawan, S. (2010). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan. Yogyakarta: ANDI.

Martini, D. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Narimawati, U. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sari, D. M. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan Bagian Akuntansi, Dukungan TOP Manajemen Serta Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Perusahaan Penerbit dan Percetakan di Surakarta). Universitas Islam Batik Surakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

TMBooks. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Penerapan. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi).

Wiyasha, B. (2010). Akuntansi Perhotelan Penerapan Uniform System Of Accounts For Ledging Industry. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles