BAYI-BAYI PUTIH DALAM AKUN TIKTOK PARA MUDA: DARI HASRAT HINGGA MASOKISME DI MEDIA

Authors

  • Arif Zuhdi Winarto Universitas Mulawarman

Keywords:

Bayi, Lacan, Masokisme, Psikoanalisis

Abstract

Meski Indonesia memiliki ras dan suku dengan warna kulit yang beragam, preferensi masyarakat Indonesia terhadap figur bayi cenderung menyukai tampilan tubuh bayi yang putih. Representasi tersebut kini banyak ditemui dalam konten TikTok Indonesia. Aplikasi TikTok merupakan jejaring sosial asal Tiongkok yang memungkinkan pengguna untuk memproduksi dan membagikan video pendek dengan berlatar musik. Tren bayi-bayi putih yang banyak muncul di media Indonesia khususnya TikTok merupakan gejala menarik dan belum banyak dibahas dalam ranah kajian media. Penelitian ini berfokus pada konten bayi di enam akun TikTok Indonesia pada tahun 2022 dengan menggunakan teori Psikoanalisis Jaques Lacan yang khas tentang subjek unconscious dan mirror stage. Akun yang diteliti antara lain @khoirurosida, @fifialediayahya, @elysasigita, @mamaairan, @ibumuda0506, dan @azzuralluratwins, dipilih berdasarkan kesamaan jenis postingan. Pada penelitian ini, para pemilik akun TikTok adalah subjek-subjek yang berkekurangan (lack) dalam melewati mirror stage. Lack itulah yang kemudian memunculkan hasrat subjek. Praktik pendisiplinan tubuh bayi dalam postingan subjek merupakan materialisasi hasrat dalam tatanan symbolic untuk menutupi lack dan memuaskan hasrat rekognisi subjek, namun praktik ini kemudian berubah menjadi malapetaka sadisme/masokisme dalam ketundukan subjek terhadap the law of the father dan the Big Other. Sehingga fenomena bayi putih di media Tiktok dapat dimaknai pula sebagai praktik kekejaman pada bayi yang sedang menyamar menjadi tontonan yang ‘aman’

References

Evans, Dylan. 1996. An Introductory Dictionary of Lacanian Psychoanalysis. London&Newyork: Routledge.

Freud, Sigmund. (1905e [1901]) ‘Fragment of an Analysis of a Case of Hysteria’.

Freud, Sigmund. 1970. An Outline of Psycho- Analysis, trans. J. Strachey. New York:

W.W. Norton & Company.

Keiji Sugiura, Mariko Sugiura. Are Women with Fairskin (Whitened Skin) Beautiful?

Perspectives In Asia. Int J Clin Dermatol Res. 2021

Kojève, Alexandre (1947 [1933–39]) Introduction to the Reading of Hegel, trans. James H. Nichols Jr., New York and London: Basic Books, 1969.

Lacan, Jacques. Écrits, Paris: Seuil, 1966 Lacan, Jacques. Le Séminaire. Livre IV. La

relation d’objet, 1956–57, ed. Jacques- Alain Miller, Paris: Seuil, 1994.

Lacan, Jacques the Seminar. Book I. Freud’s Papers on Technique, 1953–54, trans, with notes by John Forrester, New York: Norton; Cambridge: Cambridge University Press, 1988.

Lacan, Jacques.The Seminar. Book VII. The Ethics of Psychoanalysis, 1959–60, trans. Dennis Porter, notes by Dennis Porter, London: Routledge, 1992.

Lacan Jaques, The Seminar. Book III. The Psychoses, 1955–56, trans. Russell Grigg, notes by Russell Grigg, London: Routledge, 1993.

Lacan, Jacques. Le Séminaire. Livre IV. La relation d’objet, 1956–57, ed. Jacques- Alain Miller, Paris: Seuil, 1994.

Lacan, Jacques. The Seminar. Book XI. The Four Fundamental Concepts of Psychoanalysis, 1964, trans. Alan Sheridan, London: Hogarth Press and Institute of Psycho-Analysis, 1977.

Lacan, Jacques. 1972–73. Le Séminaire. Livre

XX. Encore, ed. Jacques-Alain Miller, Paris: Seuil, 1975.

Levi-Strauss, Claude,1949a. ‘The effectiveness of symbols’, in Structural Anthropology, trans. Claire Jacobson and Brooke Grundfest Schoepf, New York: Basic Books, 1963.

Marlina, C., Hermanus, E., & Lubis, S. (2017). Urban Child Poverty and Disparity: The Unheard Voices of Children living in Poverty in Indonesia.

Metz, Christian. The Imaginary Signifier: Psychoanalysis and the Cinema, trans. C. Britton, A. Williams, B. Brewster, and A.

Guzzetti (Bloomington, IN: Indiana University Press, 1982).

Ott, Brian L. & Mack, Robert L.2010. Critical Media Studies: An Introduction. Sussex, UK: Wiley- Blackwell.

Saraswati, Ayu, L.2013. Putih: Warna Kulit, Ras, Dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. diterjemahkan oleh Ninus

D. Andarnuswari. Serpong: Marjin Kiri. So-Yeon Leem, Gangnam-Style Plastic

Surgery: The Science of Westernized Beauty in South Korea. Medical Anthropology Cross-Cultural Studies in Health and Illness.Volume 36, 2017

Lee, Ema. 2017. “Toutiao Parent Launches Global Competitor to musical.ly” diakses 11-12-2022, 11:30 WIB. https://technode.com/2017/09/14/toutiao -backed-douyin-launches-competitor-to- musical-ly-tik-tok/

Marsha, Alia. 2018. “Kalian kira semua bayi lucu bisa jadi model iklan? kagak standarnya berat banget”. diakses 10-12- 2022, 10:30 WIB.

https://www.vice.com/id/article/qve55x/ kalian-kira-semua-bayi-lucu-bisa-jadi- model-iklan-kagak-standarnya-berat- banget

Stephanie, Connie. 2021. “Apa tu FYP di Tiktok dan bagaimana cara kerjanya” diakses 11-12-2022, 12:30 WIB

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/ 26/10410017/apa-itu-fyp-di-tiktok-dan- bagaimana-cara-kerjanya-?page=all

TikTok Editorial Team, 2021. Always On: How to get creative on TikTok. https://www.tiktok.com/business/en/blog

/always-on-how-to-get-creative-on- tiktok

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles