LITERATURE REVIEW: INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Augmented Reality, Anak Berkebutuhan Khusus, media pembelajaran audio visual, financial soft skillAbstract
Dalam era Revolusi Industri 4.0, Augmented Reality (AR) menjadi salah satu teknologi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan proses pembelajaran, khususnya bagi anak berkebutuhan khusus. Teknologi AR memungkinkan penggabungan elemen digital dengan dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendukung pemahaman yang lebih mendalam. Berbagai penelitian telah menunjukkan efektivitas AR dalam meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman anak-anak dengan gangguan autisme, tunagrahita, dan lainnya melalui media pembelajaran berbasis visual dan interaktif. Meskipun tantangan seperti biaya pengembangan dan pelatihan pendidik masih ada, manfaat yang ditawarkan oleh AR jauh lebih besar, terutama dalam membantu anak berkebutuhan khusus untuk mengatasi hambatan dalam belajar. Studi ini bertujuan untuk mereview literatur yang relevan terkait penggunaan AR sebagai media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dan menggambarkan potensi penerapannya di masa depan
References
] A. Y. Wibowo & Murinto, Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Huruf Dan Angka Isyarat Untuk Anak SLB B, jtim, vol. 5, no. 1, pp. 22-33, May 2023.
Barmula, M. et al., (2023). Aplikasi Pengenalan Hewan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informasi dan Teknologi. Vol 23 No. 2.
Cheng, K.H., & Tsai, C.C. (2013). Affordances of Augmented Reality in Science Learning: Suggestions for Future Research. Journal of Science Education and Technology, 22(4), 449-462.
Dunleavy, M., Dede, C., & Mitchell, R. (2009). Affordances and Limitations of Immersive Participatory Augmented Reality Simulations for Teaching and Learning. Journal of Science Education and Technology, 18 (1), 7-22.
Irsyadi, F., & Rohmah, A. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Huruf dan Angka Isyarat Untuk Anak SLB B. Simetris: Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. Volume 8 No. 1.
Kellems, R. O., & Morningstar, M. E. (2012). Using Video Modeling Delivered Through iPads to Teach Vocational Tasks to Young Adults With Autism Spectrum Disorders. Career Development and Transition for Exceptional Individuals, 35(3), 155-167.
Kurniawan, D., & Avianto, D. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Alat Transportasi Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Journal of Information System Research (JOSH). Volume 5, No. 1, Oktober 2023, pp 261-270.
Mar’atullatifah, Y., & Ratnasari, N. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Penderita Autisme Menggunakan Teknologi Augmented Reality . Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(4), 39-52. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i4.413.
Parsons, S., & Cobb, S. (2014). Reflections on the Role of the “Users”: Challenges in a Multidisciplinary Context of Learner-Centered Design for Children on the Autism Spectrum. International Journal of Research & Method in Education, 37(4), 421-441.
Radu, I. (2014). Augmented Reality in Education: A Meta-Review and Cross-Media Analysis. Personal and Ubiquitous Computing, 18(6), 1533-1543.
World Economic Forum. (2018). The Future of Jobs Report 2018.
Wu, H.K., Lee, S. W.Y., Chang, H.Y., & Liang, J.-C. (2013). Current Status, Opportunities and Challenges of Augmented Reality in Education. Computers & Education, 62, 41-49
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulaikha Mar’atullatifah, Yoel Eko Christian, Maulana ilham Alisyahbana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.