ANALISIS KECERDASAN EMOSI TERHADAP PERENCANAAN KARIR INDIVIDUAL PADA WANITA YANG MEMILIKI KONFLIK PERAN GANDA DI PT. PLN (PERSERO) UIP JBTB

Authors

  • Sasmyta Oliyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika; Jl. Wisata Menanggal No.41A Surabaya, (031) 8550077
  • Kuswandi Kuswandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika; Jl. Wisata Menanggal No.41A Surabaya, (031) 8550077
  • Sri Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika; Jl. Wisata Menanggal No.41A Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i11.842

Keywords:

Karir, Kecerdasan Emosional, Konflik Peran, Peran Ganda, Wanita.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi dan identifikasi, fasilitasi, pemahaman, dan pengelolaan yang merupakan bagian kecerdasan emosi berdampak pada perencanaan karir individu pada wanita yang memiliki konflik peran ganda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan sampel yang digunakan adalah sampel non-probabilitas menggunakan metode purposive. Pemilihan sampel dilakukan secara subjektif berdasarkan karakteristik sampel yang ditentukan, dan 44 wanita di PT. PLN (PERSERO) UIP JBTB. Hasil kuesioner diolah menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor berikut tidak mempengaruhi perencanaan karir individu: persepsi dan identifikasi, pemahaman, dan elemen pengelolaan. Sebaliknya, fasilitasi mempengaruhi perencanaan karir individu. Hal ini menunjukkan bahwa organisasi dapat melakukan intervensi dan menawarkan dukungan nyata dalam membantu orang, terutama perempuan yang mengalami konflik peran ganda, merencanakan karir mereka. Oleh karena itu, diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang manajemen sumber daya manusia dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk pengembangan informasi baru dalam bidang ini.

References

B. A. Gutek and L. E. Larwood, Women’s career development. Sage Publications, Inc, 1987.

M. R. Frone, M. Russell, and M. L. Cooper, “Antecedents and outcomes of work-family conflict: testing a model of the work-family interface.,” J. Appl. Psychol., vol. 77, no. 1, p. 65, 1992, doi: 10.1037/0021-9010.77.1.65.

J. Dann, Emotional Intelligence In A Week: Raise Your EQ In Seven Simple Steps. Hachette UK, 2012.

J. H. Greenhaus and G. N. Powell, “When work and family are allies: A

theory of work-family enrichment,” Acad. Manag. Rev., vol. 31, no. 1, pp. 72–92, 2006, doi: 10.5465/amr.2006.19379625.

L. T. Eby, T. D. Allen, and A. Brinley, “A cross-level investigation of the relationship between career management practices and career-related attitudes,” Gr. Organ. Manag., vol. 30, no. 6, pp. 565–596, 2005, doi: 10.1177/1059601104269118.

E. E. Kossek and C. Ozeki, “Bridging the work-family policy and productivity gap: A literature review,” Community. Work Fam., vol. 2, no. 1, pp. 7–32, 1999, doi: 10.1080/13668809908414247.

R. W. Mondy, A. Sharplin, and E. B. Flippo, Management, concepts and practices. Allyn and Bacon Boston, 1988.

F. N. Kerlinger, “Foundations of behavioral research.,” 1966.

P. Salovey and J. D. Mayer, “Emotional intelligence,” Imagin. Cogn. Pers., vol. 9, no. 3, pp. 185–211, 1990, doi: 10.2190/DUGG-P24E-52WK-6CDG.

M. I. Hasan, “Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya.” Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

K. KUSWANDI, T. W. Adi, D. A. Sanggarwati, S. Mahmudah, and D. Wijaya, “Analysis of Employee Performance: A Case Study Extrinsic Motivation Effect and Development Career (Study at PT. Angkasa Adibayu Buana Surabaya),” Anal. Empl. Perform. A Case Study Extrinsic Motiv. Eff. Dev. Career (Study PT. Angkasa Adibayu Buana Surabaya), vol. 10, no. 7, pp. 1053–1064, 2022.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles