STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK JURUSAN PERHOTELAN SMK N 1 KALASAN MELALUI KEGIATAN KOKURIKULER DI EDOTEL KALASAN

Authors

  • Neema Desnatalia Hapsari Program Studi Manajemen; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Hendrajaya Hendrajaya Program Studi Manajemen; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i11.832

Keywords:

Kompetensi Peserta Didik, Kegiatan KokurikulerPendidikan Perhotelan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan kompetensi siswa di industri perhotelan melalui kegiatan ekstrakurikuler di edOTEL Kalasan. Pemilihan topik ini didasarkan pada kebutuhan akan pendekatan holistik dalam pendidikan untuk mengoptimalkan pengembangan kompetensi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara terstruktur dan analisis dokumen. Responden terdiri dari guru, siswa, dan administrator sekolah yang memberikan wawasan tentang strategi untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kegiatan ekstrakurikuler dengan kurikulum formal, peran organisasi siswa dalam pengembangan karakter, dan pendekatan pendidikan holistik dapat meningkatkan kompetensi siswa secara signifikan. Analisis tematik menemukan bahwa siswa mengalami peningkatan keterampilan yang signifikan setelah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hasil ini menunjukkan pentingnya integrasi kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kompetensi siswa di industri perhotelan. Kesimpulan penelitian ini menggarisbawahi perlunya pendekatan pendidikan yang menyeluruh untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam industri perhotelan yang kompetitif. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya integrasi kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kompetensi siswa di industri perhotelan. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik dalam pendidikan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap persiapan siswa untuk sukses dalam lingkungan kerja yang kompetitif.

References

Administrasi Pendidikan J, Djafar H, Ibrahim S. Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran Padasmk Negeri 1 Sabang. Pascasarj Univ Syiah Kuala. 2014;10(2):99.

Basri B, Dwiningrum NR. Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya J Kebud dan Keagamaan. 2020;15(01):139–60.

Hamzah RA. Pendampingan Kepala Sekolah Dan Guru SD Pada Lokakarya Kurikulum 2 Projek Penguatan “Profil Pelajar Pancasila” Tahun Kedua Di Kabupaten Soppeng. Lamahu J Pengabdi Masy Terintegrasi. 2023;2(1):62–70.

Kemdikbud. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementeri Pendidik dan Kebud Republik Indones [Internet]. 2019;8. Available from: https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

DWI A. Penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sd Karakter Cimanggis. J Psiko-Edukasi. 2013;11(1):44–61.

Hayyan Ahmad Ulul Albab. Memahami Pendidikan Agama Islam Melalui Program Adiwiyata (Cinta Lingkungan) Di SMP Negeri 2 Lamongan. J Sains dan Seni ITS [Internet]. 2017;6(1):51–66. Available from: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Miftachul Hudha A, Sukarsono S, Handayani NR. Penerapan model pembelajaran OIDDE untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran berbasis karakter pada guru pendidikan dasar dan menengah. J Inov Has Pengabdi Masy. 2021;4(2):269.

8. Pratiwi II, Suryati I, Cahyo AN, Setiaputra FI. Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Peran Guru Sebagai Fasilitator Siswa Untuk Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa. Bul Literasi Budaya Sekol. 2020;2(2):100–12.

Rasa M, Diri P, Didik P. Improving the Confidence of Students Through. 2019;(September):339–47.

Ratnasari ND. Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kompetensi Non Akademik (Studi Kasus di SMAN Pilangkenceng). 2023; Available from: http://etheses.iainponorogo.ac.id/22757/1/206190105_NUNIKDESIRATNASARI_MANAJEMENPENDIDIKANISLAM.pdf

Rizal M, Najmuddin N, Iqbal M, Zahriyanti Z, Elfiadi E. Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2022;6(6):6924–39.

Sofanudin A. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sma Eks-Rsbi Di Tegal. Smart. 2015;1(2):151–63.

Wahira, Ratwamati. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menuju Era Disrupsi Teknologi. Proseding Semin Nas Adm Pendidik dan Manaj Pendidikan, Hotel Remcy, Makassar, 21 April 2018. 2018;3480:1–364.

Widana IW, Sumandya IW, Dini Prastanti NP. Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. J PkM Pengabdi Kpd Masy. 2023;5(6):696.

Wijayanti. Pendidikan Agama Islam Dalam. Teach Teach Educ. 2024;4(1):208.

Moleong LJ. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.; 2015.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles