PENGARUH IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X

Authors

  • Cahyani Yunisa Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  • Erix Gunawan Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan,

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i11.827

Keywords:

Rekam Medis Elektronik Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan

Abstract

Implementasi rekam medis elektronik membawa dampak positif terhadap kualitas pelayanan di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Dalam implementasinya rekam medis elektronik lebih efektif dibandingkan rekam medis konvensional. Dengan metode kuantitatif deskriptif  yang memberikan kuisoner pada 100 responden pasien rawat jalan. Penelitian menujukan persentase dari implementasi rekam medis elektronik berkontribusi sebesar (42,9%) terhadap kualitas pelayanan rawat jalan dan sebanyak (57,1%) dipengaruhi oleh faktor lainnya yang penulis tidak teliti. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa implementasi rekam medis elektronik memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan rawat jalan, namun besar presentase tidak terlalu signifikan karena rekam medis elektronik hanyalah salah satu faktor dari penilaian kualitas pelayanan.

References

Kementrian Kesehatan RI, “UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS,” Undang. Republik Indones., vol. 1, p. 41, 2009.

Permenkes RI, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Organisasi Rumah Sakit Di Lingkungan Kementerian Kesehatan,” Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018. 2023.

B. Nurfitria, F. Rania, and N. W. Rahmadiani, “Literature Review: Implementasi Rekam Medis Elektronik di Institusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia,” ResearchGate, no. October, pp. 1–16, 2022.

A. M. and E. A. Haile G, Implementasi Rekam Medis Elektronik dengan pendekatan metode technology acceptance modeal jean, vol. 4, no. 1. 2023.

T. Latipah, S. Solihah, and S. Setiatin, “The Effect of Electronic Medical Records on Increasing the Effectiveness of Outpatient Services at X Hospital,” Cerdika J. Ilm. Indones., vol. 1, no. 10, pp. 1422–1434, 2021.

Z. N. Sidik, “Analisis Peran Electronic Medical Record di Puskesmas Indonesia dalam Pengendalian Penyakit : Literature Review,” December) 0–8, no. December, pp. 0–8, 2022.

Dinda Fitriyani, Christian Wiradendi Wolor, and Marsofiyati Marsofiyati, “Analisis Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja,” Masip J. Manaj. Adm. Bisnis dan Publik Terap., vol. 1, no. 4, pp. 107–118, 2023, doi: 10.59061/masip.v1i4.470.

I. Ratnamiasih, R. Govindaraju, B. Prihartono, and I. Sudirman, “Kompetensi SDM dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit,” Trikonomika, vol. 11, no. 1, pp. 49–57, 2012.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & d. Bandung: ALFABETA, 2009.

N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Samel Dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.

K. Abdullah et al., Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif, no. May. 2021.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles