STRATEGI KORELATIF ANTARA HARGA DAN PRODUK MELALUI DECOY EFFECT
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i10.817Keywords:
Decoy Effect, Harga, Produk, PemasaranAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komprehensif terkait dengan strategi decoy effect dalam praktik pemasaran dengan daya beli konsumen. Strategi ini memanfaatkan psikologi konsumen untuk meningkatkan nilai atau benefit produk utama, membuatnya lebih menarik dibandingkan alternatif lainnya. Dalam praktiknya, perusahaan sering menawarkan tiga varian produk dengan harga dan fitur berbeda untuk mendorong konsumen memilih opsi yang lebih mahal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan dilengkapi dengan kajian literatur sebagai alat pengumpulan datanya, untuk kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam praktiknya, perusahaan sering menawarkan tiga varian produk dengan harga dan fitur berbeda untuk mendorong konsumen memilih opsi yang lebih mahal. Strategi ini menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan penjualan dan mengarahkan preferensi konsumen. Decoy effect juga membantu menyederhanakan proses pengambilan keputusan konsumen dan mengurangi kebingungan. Teknik ini sangat signifikan dalam pemasaran, terutama di pasar yang kompetitif, dengan kemampuan mengubah preferensi konsumen, meningkatkan daya beli, dan memperkuat posisi produk di pasar.
References
Djati, T. A. (2020). Pemasaran dalam mempengaruhi Perilaku Konsumen “Decoy Effect” membeli Produk yang Lebih Mahal. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(2), 190-194.
Frederick S, Lee L and Baskin E (2014) The Limits of Attraction. Journal of Marketing Research, 51 (4): 487–507. https://doi.org/10.1509/jmr.12.0061
Hadisantoso, M. M. (2021). Studi Eksperimen Decoy Effect dalam Keputusan Pembelian Konsumen Industri Jasa Salon di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Hendra, H. (2016). Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Cacing Lumbricus Rubellus di Desa Lebung Gajah Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Hu, J., & Yu, R. (2014). The neural correlates of the decoy effect in decisions. Frontiers in behavioral neuroscience, 8, 271. https://doi.org/10.3389/fnbeh.2014.00271
Josiam, B. M., & Hobson, J. S. P. (1995). Consumer Choice in Context: The Decoy Effect in Travel and Tourism. Journal of Travel Research, 34(1), 45–50. https://doi.org/10.1177/004728759503400106
Monk, R. L., Qureshi, A. W., Leatherbarrow, T., & Hughes, A. (2016). The decoy effect within alcohol purchasing decisions. Substance Use & Misuse, 51(10), 1353-1362. https://doi.org/10.3109/10826084.2016.1168449
Pettibone, J. C. (2012). Testing the effect of time pressure on asymmetric dominance and compromise decoys in choice. Judgment and Decision making, 7(4), 513-521. https://doi.org/10.1017/S1930297500002849
Rahmadani, F. C. (2022). Pengaruh Decoy Effect terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Starbucks Tunjungan Plaza 6 Surabaya (Doctoral dissertation, UPNV Jawa Timur).
Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 522-529.
Suparman, H. D. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Penjualan Spare Part Motor di PT. SLM (Selamat Lestari Mandiri). Ekonomedia, 7(02), 1-16.
Wedell, D. H., & Pettibone, J. C. (1996). Using Judgments to Understand Decoy Effects in Choice. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 67(3), 326–344. https://doi.org/10.1006/obhd.1996.0083
http://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/672
https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1509/jmr.12.0061
http://e-journal.uajy.ac.id/25550/
https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnbeh.2014.00271/full
https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/004728759503400106
https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/10826084.2016.1168449
https://doi.org/10.1017/S1930297500002849
http://repository.upnjatim.ac.id/6214/
https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/988
http://www.jurnal.stiepasim.ac.id/index.php/ekonomedia/article/view/11
https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0749597896900837
https://doi.org/10.1006/obhd.1996.0083
https://pranav-nandankar.medium.com/starbucks-decoy-effect-strategy-8b4c3dc06bb1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yrinne Naara Cheny Age

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.