STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN AWARENESS BIDANG HOUSEKEEPING PADA BISNIS AKOMODASI DI LOMBOK

Authors

  • M. Ihdal Karomi Politeknik Pariwisata Lombok
  • Saiful Fahmi Politeknik Pariwisata Lombok

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.783

Keywords:

Housekeeping, Awareness, Minat, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

SDM Pariwisata di bidang housekeeping pada bisnis akomodasi sangat tinggi, namun tidak dibarengi dengan tingginya peminat yang ingin berkarir pada bidang tersebut, di mana kenyataannya bidang inilah yang menjadi tulang punggung di dalam industri akomodasi sampai saat ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya minat masyarakat untuk berkarir/ bekerja di bidang housekeeping dan menyusun, serta mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang sesuai dalam meningkatkan awareness bidang housekeeping pada bisnis akomodasi di Lombok. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method yang  berfokus pada  penyebab rendahnya minat masyarakat untuk berkarir/ bekerja di bidang housekeeping. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, kuesioner, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Net Emotional Value (yang kemudian disingkat NEV) dan  analisis deskriptif kualitatif. Luaran dari penelitian ini menggambarkan minat masyarakat untuk berkarir/ bekerja di bidang housekeeping cukup beragam; ada yang berminat, ragu-ragu, dan tidak memilih bidang ini sama sekali sebagai pilihan karir ke depannya. Strategi komunikasi pemasaran dalam rangka meningkatkan   awareness pada bidang ini  yakni menampilkan citra positif, sosialisasi, menyediakan informasi yang jelas dan lengkap tentang jenjang dan peluang karir, mengadakan program pelatihan dan pengembangan karir, menampilkan fasilitas dan insentif yang menarik, mengadakan program Corporate Social Responsibility

References

Agus, Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Agus Nawar. (2002). Operasional Tata Graha Hotel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buku. J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya,. Bandung.

Dimyati, 2002. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Karo Karo, P., Hamonangan Kecenderungan Keputusan Akademik, S., Hamonangan, S., & Pariwisata Palembang, P. (2021). Kecenderungan Keputusan Akademik pada Politeknik Pariwisata Palembang. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(2), 28–35. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.20949

Kartajaya, Hermawan. (2006). Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9. Elemen Marketing. Bandung: PT Mizan. Kasali, Rhenald, Membidik Pasar Indonesia

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Karo Karo, P., Hamonangan Kecenderungan Keputusan Akademik, S., Hamonangan, S., & Pariwisata Palembang, P. (2021). Kecenderungan Keputusan Akademik pada Politeknik Pariwisata Palembang. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(2), 28–35. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.20949

Kumala, D. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Novotel Tangerang. In Jurnal Mitra Manajemen.

Rizal Kurniansah, & Sri Wahyuningsih. (2018). Presepsi Mahasiswa Jurusan Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Terhadap Housekeeping Dapartement. Media Bina Ilmiah, 1(2), 149–154.

Rumekso, SE. 2002. Housekeeping Hotel, Yogyakarta: ANDI.

Samalam, A. A., Rondunuwu, D. O., & Towoliu, R. D. (2016). Peranan Sektor Akomodasi Dalam Upaya Mempromosikan Objek Dan Daya Tarik Wisata. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata , 3(1), 01–113.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba

Statistik, F. A. (2023). Durasi Mencari Kerja Bagi Pekerja Usia Muda di Indonesia. 2(2), 118–128.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suwithi, N.W., 2013. “Industri Perhotelan Jilid 1”, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Taviprawati, E., Sembiring, V. A., & Tarigan, E. (2020). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Housekeeping Terhadap Pemilihan Karir Bagi Siswa SMKN 3 Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(3), 215. https://doi.org/10.30647/jip.v25i3.1403

Wachyuni, S. S., & Maharani, Y. (2020). Perempuan Pada Industri Perhotelan: Kinerja Roommaid Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 3(2), 142–152. https://doi.org/10.17509/jithor.v3i2.29167

https://www.unwto-tourismacademy.ie.edu/2022/11/unwto-the-role-of-women-in-tourism, diakses Juni 2023

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles