PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI ASTON BANYUWANGI HOTEL & CONFERENCE CENTER

Authors

  • Echa Novyta Permatasari Program Studi Diploma IV, Manajemen Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Eka Afrida Ermawati Program Studi Diploma IV, Manajemen Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Esa Riandy Cardias Program Studi Diploma IV, Manajemen Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.780

Keywords:

Bauran Promosi, Keputusan Menginapm Aston Bayuwangi Hotel & Conference Center

Abstract

Tingkat occupancy room di Aston Banyuwangi Hotel & Conferencer Center dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2023 mengalami fluktuatif. Terhitung dari 2018 ke tahun 2019 meningkat di last room nya dari 20.921 menjadi 33.865 penjualan kamar. tujuan penelitian ini adlah untuk mengetahui pengaruh Bauran Promosi terhadap keputusan menginap di Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center. penelitian ini penulis menggunakan metode yang berjenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah nilai Fhitung sebesar 97,472 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan nilai tersebut dapat dilihat bahwa nilai Fhitung sebesar 97,472 > Ftabel sebesar 1,35 yang Advertising (X1), Personal Selling (X2), Sales Promotion (X3), Public Relation (X4) dan Direct Marketing (X5) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap Keputusan Menginap (Y) dan diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa H6 diterima, dimana Advertising (X1), Personal Selling (X2), Sales Promotion (X3), Public Relation (X4) dan Direct Marketing (X5) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menginao (Y).

References

Abdillah, M., Kasmita, K., & Abrian, Y. A. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap Di Hw Hotel Padang. Journal Of Home Economics And Tourism, 5(1).

Adiwilaga, H., Guna, R. P., Iskandar, P. F., Multiretno, D. F., Maharani, W., Rosyidi, M. I. 2022. Pariwisata Indonesia : Bertahan di Masa Pandemi, Bersiap Bangkit Lebih Kuat. Jakarta: Bank Indonesia Institute.

Aransyah, M. F., Althalets, F., Wediawati, T., & Sari, A. 2020. The Impact of Promotion on Room Occupancy Rate in Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 4(2), 150-157.

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Awinasi, N. W., & Rastini, N. M. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur (Doctoral dissertation, Udayana University).

Christiningrum, S. 2017. Analisi Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kmar di Hotel Kartika Graha Malang. Banyuwangi : Manajemen Bisnis Pariwisata

Creswell, J. 2014. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Cyrus, R and Nitin, R.2015. IBM SPSS Exact Tests

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariani, D., & Hammadi, F. 2021. The Relationship Between Marketing Mix And Jbound Visitors’decision Making. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2019-2028.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2018. Principles of Marketing (17th ed.). New Delhi: Pearson Education.

Kotler and Keller. 2009. Pengertian Hotel Menurut Para Ahli. Diperoleh 26 Januari 2024, dari https://www.menurut.id/pengertian-hotel-menurut-para-ahli

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba

Negoro, W. 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Kamar Hotel Ollino Garden Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Pradini, G., Eni, A., & Digdowiseiso, K. 2022. The Influence of Digital Marketing and Promotion on Visiting Interest in Shangri-La Hotel Jakarta. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 12394-12409.

Prawira, S. H. 2019. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap (Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rahadian, D., & Pratomo, A. 2013. Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan kamar di Hotel Benua Bandung. Binus Business Review, 4(2), 776-790.

Riadi. (2020, 21 September). Pengertian, Jenis dan Klasifikasi Hotel. Diperoleh 26 Januari 2024, dari https://www.kajianpustaka.com/2020/09/pengertian-jenis-dan-klasifikasi-hotel.html

Rumambi, M. K., Soegoto, A. S., & Jorie, R. J. 2019. Pengaruh Bauran Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Grand Luley Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Rusby, Z., Bakhri, B. S., & Rozi, S. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Tamu pada Wisma Graha Az-Zahra Pekanbaru. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 222-241.

Setiawan, M. A. 2023. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Hunian Kamar Di Hotel Odua Weston Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Batanghari Jambi).

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Cv.Andi

Sugiarto. 2017. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Cv.Andi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cv.Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.

Sujarweni, W. 2019. Statistik untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustaka baru press.

Supriyanto, M., & Taali, M. 2018. Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan menginap di The Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26-33.

Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketujuh, Penerbit, Yogyakarta : Andi Offset

Togubu, R. Y. 2022. Pengaruh Promotions Mix Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 8(1).

Yusmar, O., & Suyuthie, H. 2021. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Oleh Tamu di UNP Hotel & Convention Kota Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 25-31.

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Zaputra, A. Y., & Yuliana, Y. 2019. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Di Hotel Daima Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 11(02), 38-47.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles