PENGARUH MODEL BELAJAR PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA

Authors

  • Nuriman Wijaya Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.776

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekosistem

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model belajar Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VIII SMP Negergi 8 Palangka Raya. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini akan dilihat hubungan antara variabel bebas yaitu model Problem Based Learning (PBL) dengan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negergi 8 Palangka Raya pada materi ekoistem. HasiL penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di kelas VIII SMP Negergi 8 Palangka Raya

References

Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasilbelajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi). 4(3). 25-36

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aulia, Z. (2021). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning secara daring terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hidrokarbon dan minyak bumi kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Prafi. Arfak Chem.: Chemistry Education Journal. 4(1). 289-294.

Hasibuan, R. N., Azmi, S.S,. & Savana, H. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Basd Learning (PBL) pada materi pemanasan global kelas VII SMP swasta Dr, Wahidin Sudirohusodo Medan tahun ajaran 2021/2022. Action : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(2), 205-213.

Indrawan, F., Anisa, A., & Hambali, H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep ekosistem. Hybrid : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, I(1), 27-32

Juliawan, D.(2012). Pengaruh model pembelajaran berbasisis masalah terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal : Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL (Pembelajaran Berbasis Masalah) Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Nawipa, Y., & Tualena, L. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Arfak Chem: Chemistry Educational Journal. 3(1), 186-192.

Oktaviani, L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Putera, I. B. N. S (2012). Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2).

Setiawan, W, E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaan Konsep dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA kelas V SD. Tunas Bangsa Jurnal, 7(1), 116-126.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sulatri S., Imran, I., & Firmansyah A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

Utami, T. S., Santi, D., & Suparman, A. R., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas XI SMK Negeri 2 Manokwari (Studi Pada Materi Dasar Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem:Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 21-26.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles