PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BEREDARNYA OBAT HERBAL YANG TIDAK TERDAFTAR Di DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.774Keywords:
Herbal Medicine, Cunsumer Protection,DenpasarAbstract
The circulation of herbal medicines among the people of Denpasar is very high, there is a perception that herbal medicines are cultural heritage which are felt to be able to cure various diseases. Unfortunately, the existence of herbal medicines is widely misused in the community in inspections carried out by BPOM. Many are found in the distribution of herbal medicines that do not have distribution permits. Of course this is dangerous for society when viewed from the Health and Consumer Protection Law. The problem formulation in this journal is What is the legal protection for the distribution of herbal medicines that do not have a distribution permit in the city of Denpasar? What are the obstacles to BBPOM in preventing the distribution of herbal medicines that do not have a distribution permit? This research method uses empirical legal research, a legislative approach, data collection techniques through interviews. The legal protection provided has been carried out in a preventive and repressive manner but there are still obstacles in preventing distribution permits due to internal and external factors
References
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Agung. A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.
Agus Suprijono. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anwar, K., 2020. Pelaksanaan Tugas Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Belajar KelompoK. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 17. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/3037.
Arifin, N., 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematika Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7, 9–17. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1015.
Astuti, Y.P., 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Penelitian 1, 83–90. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/53.
Ayuwanti, I. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1017.
Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2021). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070.
Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12957.
Iqbal, M., 2023. Fungsi Dan Peran Kepemimpinan Sekolah Dalam Memberikan Reward Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. SKILLS : Jurnal Riset dan Studi Manajemen Pendidikan Islam 133–143. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/skills/article/view/1497.
Irwan, N., & Sani, R. A. (2019). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.256.
Jaziroh, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3283.
Johnson, R. D. (2019). Enhancing Mathematics Learning through Group Investigation: A Literature Review. Journal of Mathematics Education, 45(2), 112-128. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/8690.
Juliati, J., 2022. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Sosial Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Serambi Tarbawi 10, 83–98. https://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/5070.
K. Brahim, Theresia. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar”. Jurnal pendidikan penabur no 09.
Marsigit. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Bandung: Alfabeta.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2988
Mudjianingsih, M., 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII.F SMP Negeri 33 Surabaya Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pranata Sosial Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 1, 152. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/233.
Mulyani, N., 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Kemagnetan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jentre 4, 9–26. https://jentre.bpkabandung.id/ojs/index.php/jen/article/view/321.
Mulyani, N., 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Kemagnetan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jentre 4, 9–26. https://jentre.bpkabandung.id/ojs/index.php/jen/article/view/321.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2911.
Nafi’an, M.I., 2020. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) 1, 80. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/196.
NurHasanah, N., Jafar, Muh.I., Adnan,K, A., K., Hasan, K., 2022. Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2, 7. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/view/27071.
Pangaribuan, L.R. (2022), “Implementasi Pembelajaran Problem Posing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Percaya Diri Siswa”, Sepren, Universitas HKBP Nommensen Medan, Vol. 3 No. 2, pp. 136–145.https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/648
Parangin Angin, N. (2022), “Menggunakan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Katolik di SMPN 41 Medan”, School Education Journal PGSD FIP UNIMED, State University of Medan, Vol. 12 No. 1, pp. 70–76.https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/35342.
Prayitno, Elida. 2007. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: FKIP IKIP Padang.
Pujiastuti, A., 2007. Meningkatan Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris untuk Siswa SMP dengan Memberdayakan Objek Nyata yang Berada dalam Kehidupan Siswa Sehari-Hari. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 10. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1989.
Sharan, Shlomo. 2014. Handook of Cooperative Learning Methods. Terjemahan Sigut Prawoto. Yogyakarta: Istana Media
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (diterjemahkan oleh Nurilita). Bandung: Nusa Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Susdarwono, E.T., 2020. Penguasaan 4 (Empat) Prasyarat Dasar Aritmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) 6, 72–84. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/313.
Tamardiyah, Nurulia Dwiyanti. 2017. Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan 12(1): 26-37.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahidin, U., 2017. Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 4, 197. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/63.
Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2019). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Direct Instruction pada Siswa Kelas V SDN Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 83–88. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/837.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Sujana Adnyana, Sariyasa Sariyasa, Nyoman Dantes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.