PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH UMKM (USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH)

Authors

  • Debora Molina Dyanti Jurusan Manajemen, Universitas Matana, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.767

Keywords:

Sosial Media, UMKM, Teknologi, Internet, Kualitatif

Abstract

Setiap tahun, jumlah pengguna internet Indonesia meningkat seiring kemajuan teknologi. Salah satu keuntungan dari kemajuan teknologi dan internet adalah media sosial. Berbagai kalangan saat ini sudah banyak menggunakan banyak hal tak terkecuali adalah UMKM. UMKM harus dapat menggunakan media sosial untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis mereka. Namun, beberapa UMKM tidak dapat memanfaatkan media sosial sepenuhnya. Dalam penelitian ini sendiri memiliki tujuan memaksimalkan penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan sample UMKM yang menggunakan media sosial dengan aktif. Dalam penelitian ini memiliki temuan yang nanti digunakan sebagai pengetahuan untuk khalayak umum dan UMKM secara khusus.

References

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. “Marketing Management”, 15th edition. United States: Pearson Education.

Lesmana, I. G. N. A. 2012. “Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (STUDI: PT. XL AXIATA)” (Thesis, Universitas Indonesia, 2012) diakses melalui https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20333231&lokasi=lokal

[3] Lumampauw, A., Lestari, R., Marta, R. F., & Fernando, J. 2020. “Awakening Revealed through Rose’s Visual Analysis on #LangkahHijau Commercial Advertisement Kebangkitan Terungkap Melalui Analisis Visual Rose pada Iklan Komersial #LangkahHijau”. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi. 08(02), 121–133.

Marta, R. F. 2018. Polemik Kebhinnekaan Indonesia Pada Informasi Instagram @Infia_Fact Terkait Patung Kwan Sing Tee Koen Tuban. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(02), 63–71.

Maoyan et al. 2014. Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science. Vol. 5 No.10 (1), p. 92-97.

Puntoadi, Danis. 2011. “Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Safko, Lon and Brake, David K. 2009. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. New Jersey: John Wiley & Sons.

Setiadi, N.J. 2003. “Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Prenada Media Group, Jakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumiaty, Noneng. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Kewirausahaan Pada Generasi Milenial”. Jurnal Sosial dan Politik ISSN. Vol. 24. Hal. 107-118.

Tiara, A. 2020. “Pengelolaan Konten pada Media Promosi E-Catering Marketplace bagi Industri Bisnis Jasa Boga Usaha Kecil Menengah”. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 85–90.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/100000869/umkm--pengertian-tujuan-karanteristik-jenis-dan-contohnya.

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles