NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH.AHMAD DAHLAN DAN KH.MAS MANSUR
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i8.754Keywords:
KH.Ahmad Dahlan, KH.Mas Mansur, Nilai-Nilai Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap pemikiran KH.Ahmad dan KH.Mas Mansur dalam memandang nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil dari pemikiran kedua tokoh tersebut membuat organisasi Muhammadiyah bisa berkembang pesat dan maju terutama karena nilai-nilai pendidikan islam modern yang dikembangkannya. Nilai Pendidikan Islam sangat penting dalam mendidik pribadi-pribadi yang sesuai dengan pedoman hidup di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Pengembangan pembelajaran pendidikan agama di sekolah sangat diperlukan mengingat pendidikan agama diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan terkait krisis akhlak dan moral peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam menurut KH.Ahmad Dahlan.2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam. 3) mendeskripsikan persamaan dan perbedaan konsep nilai pendidikan Islam menurut KH.Ahmad Dahlan dan KH.Mas Mansur. penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif karena data yang diperoleh berupa tulisan,kata-kata,gambar,foto dengan jenis studi pustaka (library reseacch) dengan cara menghimpun,mengkaji dan menelaah data,dokumen atau karya berkaitan dengan objek penelitian. Hasil Penelitian konsep yang dibangun mengenai tentang pendidikan islam menurut KH.Ahmad Dahlan adalah tentang kesempurnaan budi pekerti yang lahir dalam diri manusia itu sendiri. Nilai pendidikan islam diantaranya nilai tentang budi pekerti (akhlak), nilai tentang sosial dan nilai kemasyarakatan. Dalam implementasi pengalaman nilai pendidikan, hal pokok yang perlu dijalankan adalah dengan metode pemberian keteladananan sebagai pembelajaran uswah hasanah pada manusia. Sedangkan menurut KH.Mas Mansur konsep nilai pendidikan adalah bagaimana manusia itu tidak boleh angkuh ketika sudah mendapatkan ilmu dan bisa mengendalikan hawa nafsu. Nilai-nilai pendidikan Islam yang perlu dipelajari adalah tentang pendidikan sosial keagamaan dan pendidikan akhlah. Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan KH.Mas Mansur dengan melakukan melakukan gerakan ta’awun (tolong-menolong) dengan memperhatikan anak yatim dan orang-orang miskin,membuat balai kesehatan dan membentuk persatuan juru rawat Muhammadiyah.
References
Amirah Mawardi, “Studi Pemikiran Pendidikan KH. Ahmad Dahlan,” Jurnal Tarbawi, Volume 1, No. 2. 99.
Amin Abdulloh, Studi Agama : Normativitas dan Historivitas, (Yogjakarta:Pustaka Pelajar,1999).
Abdul Munir Mulkhan, Surianta Ar, Perkembangan Pemikiran Muhammadiyah Dari Masa Ke Masa; Menyambut Muktamar ke-41, Yogyakarta, Dua Dimensi,
Abdul Munir Mulkhan, Warisan Intelektual KH.Ahmad Dahlan dan Amal Muhammadiyah,
Abu Achmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Aditya Media, 1950).
Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010).
Abuddin Nata. 2009 Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran,Jakarta:Kencana.
Adi Nugraha, KH Ahmad Dahlan : Biografi Singkat (1869-1923) (Jogjakarta: Garasi House of Book, 2010).
Adisty,”Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H Ahmad Dahlan”, EduMaspul,Vol.6,No.1,2022.5
Arifin. M. T. (1987). Gagasan Pembaharu Muhammadiyah Dalam Pendidikan.
i. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Ali Al-Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Amir Hamzah Wiryosukarto, Kiai Haji Mas Mansur: Kumpulan Karangan Tersebar, Yogyakarta, Persatuan, 1992.
Arifin. M. T. (1987). Gagasan Pembaharu Muhammadiyah Dalam Pendidikan.
i. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Asman, Wantini, & Betty Mauli Rosa Bustam,”Filosofi Pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan Implikasinya Pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 6 No. 2
Azra,Azyurmadi,2012. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta:Kencana Prenada Media.
Chairul Mahfudz,Pendidikan Multikultural, (Yogjakarta:Pustaka Pelajar,2011).
Daimah Sholihah & Zainun Wafiqatun Niam.“Implications of Moral Education Lawrence Kohlberg and KH. Ahmad Dahlan on The Religious Behavior of Students”. Internasional Journal on Islamic Educational Research, Vol. 4 No. 1.
Darul Aqhsa. (2005). Kiai Haji Masa Mansur (1896-1946) Perjuangan Dan Pemikiran. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012), 326.
Ensiklopedi Islam, Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeven, 1997, hlm. 157-160
Fandi Akhmad, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah”. Jurnal Islamic Studies. Vol. 8 No. 2.
H.M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Kuntjoro Purbopranoto,Hak-Hak Azasi Manusia dan Pancasila,Pradnya paramita.Jakarta,hlm.147
Lasmin, “Konsep Pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan” (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2014).
Mas Mansur, Dua Belas Tafsir Muhammadiyah, Yogyakarta, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 1939.
Mas Mansur,Rangkain Mutu-Manikam. Surabaya.Penyebar Ilm dan Al-Ichan,1996.1
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Fadli,Andi Fitriani, “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan” Jurnal Istiqra’ Vol. 5 No. 2 .
Muhammad Rifa’I, Politik Pendidikan Nasional (Jogjakarta: AR-RUZZ Media, 2011), 39-40.
Nana Sutarna & Agus Saeful Anwar,” Value of Character and Philosophy of Life KH. Ahmad Dahlan”. ISTAWA : Jurnal Pendidikan Islam (IJPI). Vol. 5 No. 2
Nana Sutarna & Agus Saeful Anwar,” Value of Character and Philosophy of Life KH. Ahmad Dahlan”. ISTAWA : (IJPI). Vol. 5 No. 2
Nana Syaoidah Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2007),60-61.
Putri Yuliasari, “Relevansi Konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan Di Abad 21,”. Hlm.54
Shobahussurur, “Pembaruan Pendidikan Islam Perspektif Hamka”, Jurnal Taqafah, vol.5, No.1, 2008, 79.
Susanto, Pemikiran pendidikan Islam, (Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009 ).
Siti Mariatul Kiptiya.“ Gagasan Kebangsaan dan Moderatisme KH. Mas Mansur Dalam Tafsir Langkah Muhammadiyah”.Jurnal JAWI,Vol 1 No 1 Tahun 2018.
Sofyan Hanafi dan Kuswono. “ Kiprah dan Perjuangan KH. Mas Mansur Dalam Persyarikatan Muhammadiyah”. Jurnal Swarnadwipa. Vol 4 No 3 Tahun 2020.
Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta:Rineka Cipta,1992).200
Suwarno, Pembaruan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan dan KH Ahmad Dahlan.
Syamsul Kurniawan & Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam
Undang-Undang Republik Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas),Beserta Penjelasannya.2003. Bandung:Citra Umbara.
UU RI Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
Yuliana Hermawanti, “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan”. Promis Vol. 2 No. 1.
Yuliana Hermawanti.2020.”Konsep Pendidikan Islam Menurut KH.Ahmad Dahlan”.Promis,Vol 2, No.1: 30-32.
yuni Lestari .“ Kepemimpinan KH. Mas Mansur di Dalam Organisasi Muhammadiyah Tahun 1921-1946”. (Tesis,UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta,2018).
Zakiah Darajad, et al. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara. 1996).
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta :PT.Bumi Aksara,2004
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zul Fadhli Al Alim, Mutohharun Jinan, Ari Anshori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.