STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS HOTEL FOUR POINTS BANDUNG DALAM MENGHADAPI KRISIS COVID-19

Authors

  • Bella Yolanda Ilmu Komunikasi, STIKOM Interstudi, Jakarta Jl. Wijaya II No. 62 Jakarta 12160
  • Rahayu Surasmi Ilmu Komunikasi, STIKOM Interstudi, Jakarta Jl. Wijaya II No. 62 Jakarta 12160

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i8.737

Keywords:

Strategi Komunikasi, Public Relations, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian dari junal ini untuk menganalisa dan mengetahui strategi komunikasi Public Relations hotel Four Points Bandung dalam menghadapi krisis COVID-19. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik analisis data deskriptif yang artinya mengumpulkan data yang ada berdasarkan fakta serta menjelaskan nya. Data yang dianalisis merupakan informasi yang didapatkan dari sebuah wawancara dengan narasumber. hasil penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh hotel Four Points Bandung dalam menghadapi krisis COVID-19 adalah hanya dengan untuk mencapai brand trust, karena pada masa pandemi, industri pariwasata khususnya perhotelan tidak bisa memaksakan apapun kecuali membangun brand trust untuk hasil dikemudian hari. Membangun brand trust yang dilakukan oleh hotel Four Points Bandung adalah dengan menggunakan beberapa strategi komunikasi seperti 7CS Public Relations dan juga strategi komunikasi lainnya seperti Publikasi, event, berita, community involvement, citra, lobbying, dan social responsibility. Sehingga dengan hal tersebut mampu membuat hotel Four Points Bandung bertahan dalam krisis COVID-19

References

Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Rina, N., & Yuriadi, R. W. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda sebagai Kue Oleh-oleh Bandung. Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, 5(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.25124/liski.v5i1

Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group. Communication, 9(1), 103. https://doi.org/10.36080/comm.v9i1.624

Agung, U. D. (2020). Komunikasi krisis dalam new normal. 9, 82–87.

Diajukan, S., Strata, S., Konsentrasi, I. K., & Masyarakat, H. (2021). Manajemen krisis hotel santika premiere bandara palembang dalam menghadapi pandemi covid-19.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2014). Nur Aeni, 2017 STRATEGI PUBLIC RELATIONS MUSEUM GEOLOGI DALAM MENINGKATKAN CITRA MUSEUM SEBAGAI WAHANA WISATA EDUKASI PUBLIK Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 56–77.

Komunikasi, F. I. (2019). MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM WARUNG MODERN.

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. . (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna, VI(1), 1–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15493/15034

Novianto, M. R. (2019). Media Sosial Instagram Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Scatola Garage Dalam Mempromosikan Bengkel Vespa Modern. Fikom UPDM ( B), 45–55. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=40901&keywords=

Permata, B. C., & Mulyana, D. (n.d.). Manajemen Krisis Perusahaan di

Wijaya, S. I. (2014). Public Relations Sebagai Profesi. _Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan Tujuan, XVI(2), 176–209.

Yamita, D. M. (2021). Saluran Komunikasi dan Model Penerimaan serta Penggunaan Teknologi pada Sistem Pembayaran Elektronik. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 6(1), 15–26.

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles