STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS HOTEL FOUR POINTS BANDUNG DALAM MENGHADAPI KRISIS COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i8.737Keywords:
Strategi Komunikasi, Public Relations, Covid-19Abstract
Tujuan penelitian dari junal ini untuk menganalisa dan mengetahui strategi komunikasi Public Relations hotel Four Points Bandung dalam menghadapi krisis COVID-19. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik analisis data deskriptif yang artinya mengumpulkan data yang ada berdasarkan fakta serta menjelaskan nya. Data yang dianalisis merupakan informasi yang didapatkan dari sebuah wawancara dengan narasumber. hasil penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh hotel Four Points Bandung dalam menghadapi krisis COVID-19 adalah hanya dengan untuk mencapai brand trust, karena pada masa pandemi, industri pariwasata khususnya perhotelan tidak bisa memaksakan apapun kecuali membangun brand trust untuk hasil dikemudian hari. Membangun brand trust yang dilakukan oleh hotel Four Points Bandung adalah dengan menggunakan beberapa strategi komunikasi seperti 7CS Public Relations dan juga strategi komunikasi lainnya seperti Publikasi, event, berita, community involvement, citra, lobbying, dan social responsibility. Sehingga dengan hal tersebut mampu membuat hotel Four Points Bandung bertahan dalam krisis COVID-19
References
Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214
Rina, N., & Yuriadi, R. W. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda sebagai Kue Oleh-oleh Bandung. Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, 5(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.25124/liski.v5i1
Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group. Communication, 9(1), 103. https://doi.org/10.36080/comm.v9i1.624
Agung, U. D. (2020). Komunikasi krisis dalam new normal. 9, 82–87.
Diajukan, S., Strata, S., Konsentrasi, I. K., & Masyarakat, H. (2021). Manajemen krisis hotel santika premiere bandara palembang dalam menghadapi pandemi covid-19.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2014). Nur Aeni, 2017 STRATEGI PUBLIC RELATIONS MUSEUM GEOLOGI DALAM MENINGKATKAN CITRA MUSEUM SEBAGAI WAHANA WISATA EDUKASI PUBLIK Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 56–77.
Komunikasi, F. I. (2019). MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM WARUNG MODERN.
Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. . (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna, VI(1), 1–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15493/15034
Novianto, M. R. (2019). Media Sosial Instagram Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Scatola Garage Dalam Mempromosikan Bengkel Vespa Modern. Fikom UPDM ( B), 45–55. https://library.moestopo.ac.id/index.php?p=show_detail&id=40901&keywords=
Permata, B. C., & Mulyana, D. (n.d.). Manajemen Krisis Perusahaan di
Wijaya, S. I. (2014). Public Relations Sebagai Profesi. _Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan Tujuan, XVI(2), 176–209.
Yamita, D. M. (2021). Saluran Komunikasi dan Model Penerimaan serta Penggunaan Teknologi pada Sistem Pembayaran Elektronik. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 6(1), 15–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bella Yolanda, Rahayu Surasmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.