KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP WISATA MINAT KHUSUS DI KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.723Keywords:
Kepuasan Wisatawa, Minat Khusus, Kabupaten BandungAbstract
Salah satu upaya strategik dalam menjaga kepuasan wisatawan dapat dilakukan dengan cara menjaga kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai tingkat kepuasan tamu atau konsumen. Tingkat kepuasan tamu diperoleh dari perbandingan pelayanan yang nyata diterima pengunjung, dengan nilai kualitas yang sebelumnya diharapkan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Hasil penelitian ini dari tiga indikator kebersihan dapat di simpulkan bahwa pada indikator x1.1 mayoritas responden memilih kurang setuju, sedangkan pada indikator x1.2 dan x1.3 mayoritas responden menjawab setuju itu menunjukkan bahwa para responden masih kurang puas terhadap destinasi wisata di Kabupaten Bandung, Pada indikator x2.1, x2.2 dan x2.3 mayoritas responden memilih setuju itu menunjukkan bahwa wisatawan sudah merasa cukup puas terhadap destinasi wisata di kabupaten bandung. Dari tiga indikator kuliner di atas dapat di simpulkan pada indikator y1.1, y1.2, y1.3, y1.4, dan y1.5 mayoritas responden memilih setuju itu menunjukkan bahwa wisatawan sudah merasa cukup puas terhadap destinasi wisata di kabupaten bandung.
References
Berg, P. O., & Sevon, G. 2014. FoodBranding-Places – A Sensory Perspective. https://doi.org/10.1057/ pb.2014.29
De Rojas, C., & Camarero, C. (2008). Visitors’ experience, mood and satisfaction in a heritage context: Evidence from an interpretation center. Tourism Management, 29(3), 525–537. doi: 10.1016/j.tourman.2007.06.004
Hermawan, A. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung Pemustaka pada Perpustakaan Daerah Salatiga. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(1), 59- 79.
https://simasda.bandungkab.go.id/dataset/1782/data-kunjungan-tahunan-kabupaten-bandung
Hutasoit. 2011. Pelayanan Publik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: MagnaScript Publishing.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bandung: PT Refika Aditama.
Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Novelli, M. (2005). Niche Tourism, contemporary issues, trends and cases. UK: Routledge.
Nugroho, R. A., Septemuryantoro, S. A., &Lewa, A. H. (2017). Penerjemahan:sebuah cara untuk meningkatkankualitas pariwisata Indonesia.
Nurul Syamsiah, Yudi Satriadi & Ahmad Fauzul Azhim (2021) strategi pengembangan wisata minat khusus arung jeram di sungai citarum jawa barat : AL-KALAM Vol.8 No.1 Januari 2021
Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Prambanan:Tinjauan Khusus pada Kemampuan Berbahasa Verbal. Jurnal Nasinal Pariwisata. Vol. 5 (3) :146-153.
Prayogo, R. R. (2018). Perkembangan Pariwisata dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Bitread Publising PT. Lontar Digital Asia.
Prayogo, R. R., AB, S., & Si, M. (2018). Perkembangan Pariwisata dalam Perspektif Pemasaran. Surabaya: Bitread Publishing Yan Hanif Jawangga (2019).
Purwaningsi,R.M.(2013).
Ritchie, J. R.Brent dan Geoffrey Ian Crouch. 2003. The Competitive Destination: A Sustainable Tourism Perspective. Cabi.
Rosyidah, E., Sunarti, A., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 51(2), 16–21.
Sukwadi, R., (2015). Utilizing the Customer Experience Management framework to create a pleasant service experience, International Journal of Industrial Engineering and Management, 6(1), p. 29-42.
Syarifuddin, D., & Priyanto, R. (2020). Membangun Fasilitas, Membangun Minat Kunjungan Ulang (Studi Tentang Minat Kunjungan Ulang Wisatawan ke Villa Kancil Kampoeng Soenda Kabupaten Bandung). Jurnal Sain Manajemen
Sangadji, Eta Mamang; Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V ANDI.
Soekadijo, R.G. (1996). Anatomi Pariwisata. PT Gramedia Pustaka Utama.
Stylidis, D., Shani, A., & Belhassen, Y. (2017). Testing an integrated destination image model across residents and tourists. Tourism Management, 58, 184–195. doi:10.1016/j.tourman. 2016.10.014
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi and Purwanto S. K. (2016) Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Moderen. Edisi Kedu. Edited by D. A. Halim. jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset,.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahab. 2014. Pemasaran Pariwisata. Pradnya Paramita, Jakarta.
Wiratini,N.N.A., Nyoman,D.S., Ni,N.Y.Setiawina ND., dan Yuliarmi,N.(2018).Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan pada Daya Tarik Wisata di
Wulandari, K. A. (2017). Pengaruh Physical Evidence, Aksesibilitas, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Dan Resto Mitra Inn Kediri. SimkiEconomic, 01(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Galib Purnawijaya, Siti Zakiah, Umi Sumarsih
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.