PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI HARRIS HOTEL KOTA BANDUNG

Authors

  • Michelle Felicia Vanka Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan, Bandung
  • Ersy Ervina Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.718

Keywords:

Bauran Promosi, Keputusan Menginap, Sales & Marketing, Hotel

Abstract

Persaingan Industri hotel sangat tinggi, tiap-tiap hotel berupaya memberikan promosi terbaik. Harris Hotel adalah salah satu hotel yang berada pada naungan TAUZIA Management yang telah diakuisisi oleh The Ascott Limited yang mengedepankan pelayanan prima kepada pelanggan melalui media sosial maupun media offline. Hal tersebut menjadikan Harris Hotel & Convention festival citylink salah satu pilihan hotel terbaik di kota Bandung, namun pada pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan belum optimal. Beragam kegiatan promosi telah dilakukan, namun tingkat okupansi belum menunjukkan  kenaikan yang signifikan oleh karena itu diperlukan tinjauan mengenai penerapan bauran promosi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan  menguji pengaruh bauran promosi terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Harris. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 151. Teknik analisis menggunakan regresi sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara bauran promosi terhadap keputusan tamu menginap di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Penerapan bauran promosi yang dilakukan Harris Hotel diantaranya, menyediakan beberapa layanan dan insentif gratis. Kegiatan bauran promosi yang paling dominan dilakukan oleh Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung dan berpengaruh kepada tamu adalah promosi melalui media iklan dan penawaran potongan harga kepada tamu pemesanan melalui aplikasi atau website hotel. Kegiatan promosi diterapkan melalui media cetak seperti brosur, baliho dan media sosial. Promosi personal selling melalui kegiatan sales call/sales blitz dan melakukan berbagai event menarik. Walaupun demikian, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama promosi offline seperti sales blitz maupun melalui diskon atau berbagai promo menarik. Penelitian ini bermanfaat bagi industri hotel dalam penerapan bauran promosi di era pandemi Covid-19

References

Adiatma, D., Rukma, D. F. S., & Farisya, G. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Di Favehotel Cimanuk Garut. Jumal Industri Pariwisata, 5(1), 68-78.

Adinda, C., Prabawati, N. P. D., & Prateka, I. W. R. C. (2023). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Pendapatan Kamar di Villa Jerami & Spa Pada Masa Pandemi Covid-19. Joumal of Hotel Management, 1(1), 74-85.

Angelica, G., Ervina, E., & Sumarsih, U. (2018). Strategi Promosi Starwood Preferred Guest di Sheraton Bandung Hotel & Towers. eProceedings of Applied Science, 4(3).

Dmk, D., Rismayadi, B., & Sumami, N. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Asia Jaya Mandiri Karawang. Jumal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 563-574.

Dewi, R. P., Ervina, E., & Taufiq, R. (2019). Peranan Food and Beverage Sales Executive Dalam Meningkatkan Revenue di Sheraton Bandung Hotel&towers. eProceedings of Applied Science, 5(3).

Erdin, A. R., & Kasmita, K. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel New D’dhave Padang. Jumal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan, 1(2), 59-63.

Ervina, E., Lanya, I., Budiarsa, I. M., & Mahendra, M. S. (2022). Hotel Industry Post Covid-19: Critical Practice on Hotel Resilience. Geo Journal of Tourism and Geosites, 45, 1570-1578.

Ervina, E., Taufiq, R., & Masatip, A. (2021). Guest satisfaction on star hotel preparedness in new normal era of COVID-19. APMBA (Asia Pacific Management and Business Application), 10(1), 21-38.

Firmansyah, Anang (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish Publisher

Gumussoy, C. A., & Koseoglu, B. (2016). The effects of service quality, perceived value and price fairness on hotel customers’ satisfaction and loyalty. Journal of Economics, Business and Management, 4(9), 523-527.

Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-IKA: Jumal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 5(2).

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. Penerbit NEM.

Hidayat, C. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bhinneka. com. eProceedings of Management, 8(4).

Irhartini, E., & Kasmita, K. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Pemandian Pincuran 7 Kabupaten Sijunjung. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 4(1), 63-68.

Khusna, G. K., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin'Donuts Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 27-36.

Kusumandayu, R. (2016). Pengaruh Bauran Promosi, Customer Relationship Management Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Bess Resort & Waterpark, Hotel and Convention Lawang–Malang. Jurnal Manajemen Sience, 7(5), 32-48.

Kusumaningrum, K. D. A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode Pendekatan Marketing Mix Hotel Horison Inn Laksana Solo.

Paseban-Jakarta Pusat. Pengmasku, 2(1), 66-75.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan dua. Jakarta: PT Indeks.

Molika, E., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Business Traveler Di Hotel Bisnis (Studi Pada Tamu Hotel Ibis Surabaya City Center) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Mularsari, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Di Bidang Jasa Pelayanan Hotel Roosseno Plaza Jakarta Di Masa New Normal Era. Tum Joumal, 2(1), 17-30.

Nurfitri, R., & Sudartono, T. (2023). Dampak Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Media Sosial Tiktok@ Anaira. Official. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2417-2425.

Nurjanah, N., & Dwiyanto, (2022). Developing of Tuwel Tourism Village, Bojong District, Tegal Regency. Indonesian Journal of Community Services Cel, 1(1), 19-25.

Notowijoyo, E., & Loisa, R. (2020). Analisis komunikasi pemasaran go-pay melalui promosi cashback. Prologia, 4(2), 332-338.

Octaviany, V., Widodo, T., & Ervina, E. (2020). The Effect of Digital Marketing on Urban Tourist Visit Decision in Bandung City. Test Engineering and Management, 83(1), 7792-7797.

Pahlevi, E., & Basuki, A. (2022). Pengaruh Brand Extension, Potongan Harga, Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood. Jumal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(1), 132-138.

Putri, Y. A. (2019). Pengaruh bauran promosi dan gaya hidup terhadap minat beli pada kedai kopi serasi. Jurnal manajemen strategi dan aplikasi bisnis, 2(2), 137-144.

Prasetio, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(2), 57-65.

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1).

Prawira, E. Y., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(1), 64.

Romansyah, U. A., Labib, A., & Isnawati, M. (2017). Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Negara Indonesia Studi Kasus Jaminan Kesehatan Nasional. Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Negara Indonesia: Studi Kasus Jaminan Kesehatan Nasional, 1(1), 99-118.

Rumambi, M. K., Soegoto, A. S., & Jorie, R. J. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan menginap pada Grand Luley Manado. Jumal EMBA: Jumal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Sari, A. T. K., Suyuthie, H., & Pasaribu, P. (2022). Kepuasan Pengunjung Tentang Fasilitas Pelengkap di Daya Tarik Wisata Taman Bunga Puncak Tonang Kabupaten Pasaman. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 3(1), 31-36.

Setiono, A. (2023). Efektifitas Komunikasi Departemen Sales dan Front Office terhadap Kelancaran Operasional di Saka Hotel Medan. CIVITAS: Jumal Studi Manajemen, 5(2), 1-10.

Sofyan, Y. (2018). Analisis Bauran Promosi Pada Pt. Anugrah Parahyangan Jaya. Jumal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(2), 161-178.

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Supardi, S., Yusril, M., Zamri, A. T., & Ak, U. A. (2021). Analisis Bauran Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kampar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(1), 107-113.

Wahyuningtya, R. A., Ervina, E., & Sumarsih, U. (2018). Analisis Strategi Advertising Bagi Wisatawan Nusantara di Nirwana Gardens Resort. eProceedings of Applied Science, 4(3).

Wardani, D. K., Paramita, P. D., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Repurchase Itention (Studi kasus pada pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang). Joumal of Management, 2(2).

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Yusmar, O., & Suyuthie, H. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Oleh Tamu di UNP Hotel & Convention Kota Padang. Jumal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 25-31.

Downloads

Published

2024-01-30