HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN DENGAN TINGKAT RESILIENSI DAN TINGKAT KEMANDIRIAN PASCA PANDEMI PADA ANAK USIA DINI SATUAN GUGUS PAUD LOWOKWARU KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i7.713Keywords:
Kelekatan Aman, Resiliensi, KemandirianAbstract
Pandemi Covid yang melanda Indonesia pada tahun 2020, membuat beberapa perubahan yang cukup signifikan terhadap anak usia dini. Perubahan yang terjadi pada masa pandemi membuat anak harus memiliki kemampuan untuk beresiliensi dan mandiri sehingga, anak bisa menghadapi segala perubahan di masa pandemi, Dalam membangun kemampuan anak untuk beresiliensi dan mandiri perlu peran yang sangat kuat antara anak dengan orang tua. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana hubungan antara kelekatan aman yang dimiliki orang tua terhadap tingkat kemandirian secara terpisah dan secara bersamaan. Subjek penelitian ini berjumlah 30 anak TK dengan usia 5- 6 tahun di Gugus Paud 8 Lowokwaru Kota Malang, dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menujukan bahwa tidak ada hubungan antara kelekatan aman dengan resiliensi, dengan besar signifikansi 0,260.; ada hubungan antara kelekatan aman dengan kemandirian dengan nilai signifikasi sebesar 0,000; ada hubungan antara kelekatan aman dengan resiliensi dan kemandirian secara bersama sama dengan nilai significan sebesar 0,001
References
Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504
Budiman, N. (2010). PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA. Jurnal Pendidikan , 3(1), 1–12.
Cherry Kendra. (2022, December 16). What Is Attachment Theory? The Importance of Early Emotional Bonds. Https://Www.Verywellmind.Com/What-Is-Attachment-Theory-2795337#citation-1. https://www.verywellmind.com/what-is-attachment-theory-2795337#citation-1
Erdem, S. (n.d.). Attachment to Parents and Resilience Among High School Students. In Article Journal of Positive Psychology & Wellbeing (Vol. 2017, Issue 1). www.journalppw.com
Hanggara Agie. (2018). TINGKAT RESILIENSI SISWA (Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Kecakapan Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Resiliensi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi). Jurnal Equilibrium , 15, 35–45.
Hasbi, M. (2022). PAUD di Masa dan Pasca-Pandemi oleh.
Hunter‐Doniger, T. (2021). Early Childhood STEAM Education: The Joy of Creativity, Autonomy, and Play. Art Education, 74(4), 22–27. https://doi.org/10.1080/00043125.2021.1905419
Ina, M., & Amalia, E. Ri. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim.
Jalongo, M. R. (2021). The Effects of COVID-19 on Early Childhood Education and Care: Research and Resources for Children, Families, Teachers, and Teacher Educators. In Early Childhood Education Journal (Vol. 49, Issue 5, pp. 763–774). Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01208-y
Lubis, M., & Dewi, R. S. (2021). Resilience in Early Childhood. 6(1), 1069–1077.
Masten, A. S., & Barnes, A. J. (2018). Resilience in children: Developmental perspectives. Children, 5(7). https://doi.org/10.3390/children5070098
Nanti Viani Nur Siti, F. (2018). Hubungan Kelekatan (Attachment) Orangtua Dengan Kemandirian Pada Santri Remaja Di Pesantren Darussa’adah Gubugklakah Poncokusumo Malang. Universitas Brawijaya.
Patilima, H. (2013). PERAN PENDIDIK POS PAUD DALAM MEMBANGUN RESILIENSI ANAK. Jurnal Pendidikan Usia Dini , 7(1), 173–194.
Pertiwi, J. (2021). FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT GURU BK TERHADAP RESILIENSI SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 13 MEDAN. universitas islam negeri sumatra utara .
Riadi, M. (2020, June 25). Kemandirian (Pengertian, Aspek, Jenis, Ciri, Tingkatan dan Faktor yang Mempengaruhi). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/06/kemandirian-pengertian-aspek-jenis-ciri.html
Rinaldi. (n.d.). RESILIENSI PADA MASYARAKAT KOTA PADANG DITINJAU DARI JENIS KELAMIN THE RESILIENCE DIFFERENCE IN PADANG CITY PEOPLE BASED ON GENDER. http://www.pdat.co.id
Rolfe, A. shame. (2020). Rethinking Attachment for Early Childhood Practice. routledge.
Ruswahyuningsih, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada Remaja Jawa. JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 1(2), 96–105.
Sa’diyah Rika. (2017). kemandirian BAB II. KORDINAT, XVI, 31–45.
Scharfe, E. (2017). Attachment Theory. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science (pp. 1–10). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-16999-6_3823-1
Simatupang, N. D. (n.d.). KELEKATAN IBU TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Kasus : Ibu Rumah Tangga di Kota Batu) The Effectiveness Of M-Puzzle Toward Preschooler Spatial Skill View project PengaruhAlatPermainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa View project. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.763
Van Rosmalen, L., Van der Veer, R., & Van der Horst, F. (2015). Ainsworth’s Strange Situation Procedure: The origin of an instrument. Journal of the History of the Behavioral Sciences, 51(3), 261–284. https://doi.org/10.1002/jhbs.21729
Webb, C. (2014). Attachment And The Development Of Resilience. Pathway to Family Wellness.
Wilson-Ali, N., Barratt-Pugh, C., & Knaus, M. (2019). Multiple perspectives on attachment theory: Investigating educators’ knowledge and understanding. Australasian Journal of Early Childhood, 44(3), 215–229. https://doi.org/10.1177/1836939119855214
Zeanah, C. H., Berlin, L. J., & Boris, N. W. (2011). Practitioner review: Clinical applications of attachment theory and research for infants and young children. In Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines (Vol. 52, Issue 8, pp. 819–833). https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.2011.02399.x
Khasanah Nurul. (2018). peran dukungan sosial terhadap resiliensi pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Forum Ilmiah , 15.
Latif, S., & Amirullah, M. (2020). Students’ Academic Resilience Profiles based on Gender and Cohort. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(4), 175–182. https://doi.org/10.17977/um001v5i42020p175
mulyati, sri ai. (2022). HUBUNGAN KELEKATAN AMAN PADA IBU DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK. Universitas Pendidikan Indonesia .
Putu Ayu Ari Anggraini, N., Yayah Haenilah, E., Universitas Lampung, F., & Soemantri Brojonegoro No, J. (n.d.). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN.
Saunders Becky, & Hogg Sally. (2020). Babies In Lock Down : Listening to Parents To Build Back Better.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bening Sinaring Ashri, Ach. Rasyad, Muhammad Arafik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.