PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN MOTIVASI GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDI AL ANHAR KARAWANG

Authors

  • Yoga Wirotama M Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Tajuddin Nur Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i7.711

Keywords:

Profesionalisme, Motivasi, Guru, Akhlak, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Masalah Guru profesional merupakan tuntutan undang-undang yang menjadi kewajiban bagi setiap guru pada setiap jenjang pendidikan baik yang mengajar di madrasah mulai dari Diniyah sampai tingkat Aliyah, demikian juga di sekolah dari jenjang Taman Kanak-Kanak sampai dengan jenjang SMA/SMK. Sehingga Guru Pendidikan Agama Islam yang melaksanakan tugas dan tanggung dalam melaksanakan pembelajaran agama di sekolah pada setiap jenjang seperti di atas juga dituntut untuk menjadi guru yang profesional. Dalam menjalankan peran sebagai tenaga profesional guru dituntut harus mampu memberikan pembelajaran dan menumbuhkan akhlak baik siswa. Di era global seperti saat ini banyak sekali yang menjadi kendala bagi guru dalam upaya menumbuhkan akhlak baik siswa. Banyak faktor baik itu internal dari dalam diri guru masing-masing ataupun faktor eksternal yang berasal dari siswa itu sendiri. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi seluruh manusia dalam mengerjakan segala sesuatu. Pada era saat ini anak atau siswa sudah banyak yang diberikan gadget/gawai oleh orangtuanya. Padahal dampak yang ditimbulkan bisa saja berupa hal yang negatif. Tentunya ini harus menjadi perhatian bagi orangtua dan guru dalam mengawasi penggunaan gadget/gawai, agar murid tidak terpengaruh dari efek buruk media yang ada saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitis dengan pendekatan kualitatif. Proses penelitian dilakukan dengan membuat pertanyaan penelitian dan prosedur yang masih bersifat sementara, pengumpulan data awal, analisa data secara induktif, membangun data secara parsial, dan selanjutnya memberikan interpretasi terhadap makna suatu data. Kegiatan akhir dengan membuat laporan yang terstruktur. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis akhirnya mengangkat judul “PENINGKATAN PROFESIONALISME DAN MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDI AL ANHAR KARAWANG”. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa diperlukannya peningkatan kualitas profesionalisme guru PAI dan faktor yang memotivasi guru dalam menumbuhkan akhlak baik siswa. Juga memberikan solusi yang dapat dilakukan dalam menghadapi segala kendala dan permasalahan yang terkait

References

Amirudin, Noor. 2018. Filsafat Pendidikan Islam. Gresik: Caremedia Communication.

Asiyah, S. (2012). Tesis. PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MASOHI.

Hamalik, O. (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. PT Bumi Aksara.

Hasanah Lubis, L. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. Tarbiyah Bil Qalam, Iv.

Kbbi, K. B. B. I. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Khotimah, K., & Wahyuningsih, R. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kesibukan Orang Tua Dan Kecenderungan Memilih Teman Sebaya Dalam Pengembangan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cendekia.

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru ( KKG ). 2(2).

Mulyani, Fitri. (2009). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1–8.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Auladuna, 233–245.

Pudjosumedi, A. S.,dkk. (2013). Profesi Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, Dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452.

Rahmah, S. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 04(07), 13–23.

Rukajat, Ajat. (2014) Metodologi Penelitian, (Deepublish : Bandung).

M. Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam – Jilid I, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cv Alfabeta.

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2005). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. 1(2), 47–51.

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005), (Jakarta: Sinar Grafika, 2010)

Undang-Undang SISDIKNAS, (2021) nomor 20 tahun 2003.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles