FENOMENA BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA PARA PENGIKUT AKUN @BERBURUSALE_
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v16i10.7Keywords:
Belanja Online, Twitter, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena belanja online melalui media sosial yang terjadi dikalangan mahasiswa. Belanja online merupakan suatu kegiatan berbelanja melalui jaringan internet tanpa perlu mendatangi toko. Kemajuan teknologi serta kemudahan yang diberikan membuat belana online populer dan banyak dipilih belakangan ini.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subyek penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena belanja online melalui media sosial memang benar terjadi karena kemudahan dari mendapatkan informasi yang tersebar di media sosial twitter.
References
Littlejhon, S. W, 2009. Teori komunikasi Stephen W. Littlejohn, Salemba Empat.
Morrisan, 2010. Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia, Bogor
Brouwer, M.A.W, 1984, Psikologi Fenomenologis, Gramedia, Jakarta.
Masniari, Amelia. 2008. Miss Jinjing: Belanja Sampai Mati. Jakarta: Gagas
Harahap, D. A. 2018. Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, No 9 Vol 2, 193-213
Tyra, M. J., Lina, L., & Clara, C. 2014. Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan Belanja Online. Jurnal Manajemen Untar, No 18 Vol3, 112511