FENOMENA BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA PARA PENGIKUT AKUN @BERBURUSALE_

Authors

  • Silviana Damayanti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ana Fitriana Poerana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Flori Mardiani Lubis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i10.7

Keywords:

Belanja Online, Twitter, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena belanja online melalui media sosial yang terjadi dikalangan mahasiswa. Belanja online merupakan suatu kegiatan berbelanja melalui jaringan internet tanpa perlu mendatangi toko. Kemajuan teknologi serta kemudahan yang diberikan membuat belana online populer dan banyak dipilih belakangan ini.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subyek penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena belanja online melalui media sosial memang benar terjadi karena kemudahan dari mendapatkan informasi yang tersebar di media sosial twitter.

References

Littlejhon, S. W, 2009. Teori komunikasi Stephen W. Littlejohn, Salemba Empat.

Morrisan, 2010. Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia, Bogor

Brouwer, M.A.W, 1984, Psikologi Fenomenologis, Gramedia, Jakarta.

Masniari, Amelia. 2008. Miss Jinjing: Belanja Sampai Mati. Jakarta: Gagas

Harahap, D. A. 2018. Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, No 9 Vol 2, 193-213

Tyra, M. J., Lina, L., & Clara, C. 2014. Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan Belanja Online. Jurnal Manajemen Untar, No 18 Vol3, 112511

Downloads

Published

2022-05-09

Issue

Section

Articles