PENGARUH CONTENT MARKETING, LAYANAN, DAN KEPUASAN TERHADAP KEPESERTAAN AKTIF YANG BERLANJUT PADA BPJS KETENAGAKERJAAN
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.690Keywords:
Content Marketing, Service, Satisfaction, Participant LoyaltyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Content marketing Dan Layanan Peserta Terhadap Kepuasan dan Loyalitas peserta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta yaitu 6.791.489 peserta (Data Bulan Agustus 2023). Jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin maka besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan stratified proportional sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan menggunakan program WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan antara Content marketing terhadap kepuasan peserta. Terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan peserta terhadap kepuasan peserta. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Content marketing terhadap Loyalitas peserta. Terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan peserta terhadap Loyalitas peserta. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan peserta terhadap Loyalitas peserta. Variabel Content marketing dan pelayanan berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap variabel loyalitas peserta melalui variabel kepuasan peserta serta variabel kepuasan peserta mampu memediasi secara parsial
References
Amalia, Chairina Debika. 2020. Pengaruh Content marketing di Instagram Stories @LCHEESEFACTORY Terhadap Minat Beli Konsumen, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Riau, Vol. 7, No 1.
Bening, Bening and Lucia Kurniawati. (2019). The Influence of Content marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta, International Conference on Technology, Education and Sciences, Vol. 1 No.1
Chakti, G. (2019). The Book of Digital Marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa.
Cant, M.C, & Toit MN (2015), Loyalty Programme Roulette The Loyal, the Commited And The Poligmaous International Business & Economic Research Jurnal
Chaffey, Dave., Ellis-Chandwick, Fiona. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. United Kingdom. Pearson
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. SAGE Publications.Inc.
Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu, (2010), Statistik Induktif, Yogyakarta. BPFE
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam, (2015), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Jamilah, & Handayani, P. W. (2017). Analysis on effects of brand community on brand loyalty in the social media: A case study of an online transportation (UBER). International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 239–244
Jogiyanto. (2017). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi. Media Belajar, Palembang
Juventino, Alessandro Kevin, (2020), Analisis pengaruh dari Content marketing terhadap Customer Loyalty dengan Customer Engagement dan Brand Trust sebagai Variabel Intervening pada E-Commerce Zalora Indonesia di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 7 No.2 2020
Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater
Kartajaya, Hermawan. (2017), Marketing in Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka. Utama
Kotler, Philip, (2019), Manajemen Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2019). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. (2018), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba. Empat, Jakarta,
Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2016). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Erlangga. Jakarta.
Pandrianto N & Sukendro GG. (2018) Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi,10:167-176
Park, Y. S., Konge, L., & Artino, A. R. (2020). The positivism paradigm of research. Academic Medicine, 95(5), 690-694
Pertiwi, Putri Dinda. (2020), The Effect of Content marketing, Layanan peserta, and Event Marketing on Customer Loyalty With Customer Engagement as Mediating Variable (a Study on 2019 ON OFF Festival Visitors), Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 8 No.2 2020
Pham, L. (2018). A Review of key paradigms: Positivism, interpretivism and critical inquiry. School of Education, Med Program, 1–7.
Rezeqiati, Dini Permatalia. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 6, No 1 2017
Sugiyono, (2019), Metodologi Penelitian, Erlangga, Jakarta.
Sunyoto, Danang. (2017). Strategi Pemasaran. CAPS (Centerfor Academic Publishing Service), Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2017). Pemasarasan Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta, Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan G. Chandra. (2017). Service, Quality, & Satisfaction. Penerbit Andi. Yogyakarta
Utami, G.R., Saputri, M.U. (2020). Pengaruh Layanan peserta Terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek Pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 5, No 2, 185-198
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2016). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Bosto
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elli Rahmayanie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.