MODEL KOMUNIKASI PARIWISATA BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI DESA WISATA SADE LOMBOK TENGAH

Komunikasi Pariwisata

Authors

  • Sayu Kadek Jelantik Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i7.677

Keywords:

komunikasi

Abstract

Komunikasi Pariwisata merupakan proses penyampaian pesan informasi wisata dari pengelola wisata kepada wisatawan baik berupa pesan verbal maupun pesan non verbal. Komunikasi pariwisata yang didasarkan oleh praktek moderasi beragama terjadi di Desa Wisata Sade dengan mengkonsepkan produk wisata berupa kekayaan budaya dan tradisi Sasak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model komunikasi pariwisata berbasis moderasi beragama di Desa Wisata Sade Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif exploratif, dengan seumber data primer yakni pengelola wisata Desa Wisata Sade, wisatawan, dan cagar budaya dan tradisi Sade. Data sekunder berupa dokumen dan pustaka penunjang analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian model komunikasi yang terjadi pada komunikasi pariwisata di Desa Wisata Sade Lombok Tengah yakni merujuk pada model komunikasi berlo (model komunikasi SMCR) dengan empat indikator moderasi beragama yakni: komitmen kebangsaan (penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional oleh pengelola wisata dengan wisatawan), Toleransi (sikap saling menghormati dan menghargai pengelola wisata dan wisatawan), penerimaan terhadap tradisi (Budaya dan tradisi yang menjadi produk wisata), anti kekerasan (etika komunikasi yang baik pengelola wisata kepada wisatawan).

References

Agus, Hendrayady, dkk. 2021. Pengertian dan Model Dasar Komunikasi. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Arikunto, Suharsimini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Deddy, Mulyana. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fahmi, Afrizal. 2021. Manajemen Strategi Desa Wisata Gronjong Wariti dalam Meningkatkan Perekonomian Desa Mejono Kabupaten Kediri. Ejournal.unesa.ac.id

Hari, Karyono. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.

Mas’ud, A. (2018). Strategi Moderasi Antarumat Beragama. Jakarta: Kompas.

Nugraha, Perbawasari, dan Zubair. 2017. Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasis Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif di Wilayah Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal The Messenger Vol 9, No 2 Hal 231- 240.

Pendit, Nyoman. 2006. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Poespowardoyo, S. 2003. Dinamika dan Implikasi Etis Wawasan Kebangsaan dalam Menyongsong Hari Depan Indonesia. Jurnal Ketahanan Nasional.

Ridwan. 2003. Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ridwan. 2006. Belajar Mudah Untuk penelitian Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2014. Kebudayaan dan Industri Pariwisata. Bandung: Refika Aditama.

Soekadijo, R.G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles