PERSEPSI PENGGUNAAN BLENDED LEARNING (DARING DAN LURING) PADA PELATIHAN MANAJEMEN PENANGGULANGAN TBC BAGI PENGELOLA PROGRAM TBC (WASOR) DI PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA

Authors

  • I Gusti Ayu Astarini Bapelkes Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.642

Keywords:

Persepsi, Pembelajaran Blended, Daring dan  Luring

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0 yang marak digalakkan sejak tahun 2019 di Indonesia sekarang benar-benar terasa mengalami akselerasi. Perkem bangan teknologi mampu mengubah sistem dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam kegiatan diklat / pelatihan. Dengan penggunaan metode pembelajaran Blended peserta pelatihan dapat merasakan dua suasana pembelajaran sekaligus, yakni pembelajaran Dalam Jaringan (DARING)  dan Luar Jaringan (LURING). Metode pembelajaran Blended (Daring Dan Luring) merupakan metode pembelajaran yang memadukan sistem pembelajaran langsung dan tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penggunaan Blended learning (daring dan Luring) Pada Pelatihan Manajemen Penanggulangan TBC Bagi Pengelola Program TBC (Wasor) Di Provinsi Dan Kabupaten/Kota. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan pengambilan data melalui kuesioner.

Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Blended, Daring dan  Luring

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Graham, C., Allen, S., & Ure, D. 2005. Benefits And Challenges Of Blended Learning Environments. In M. Khosrow-Pour (Ed.), Encyclopedia of information science and technology I-V. Hershey, PA: Idea Group Inc.

Pebriyani Dewi (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Blended LearningDalam Pengajaran Akuntansi Pemerintahan. Jurnal Pembelajaran

Resdiana Widia (2019). Persepsi Mahasiswa di Kelas Bahasa Inggris Blended Learning Sebagai Dampak Karantina Covid-19 Menggunakan PBELQ. Jurna Permbelajaran

Saputra. S.A. (2007). Statitiska. Bandung: FPTK-UPI

Singh, H. (2006). Blended Learning and Work: Real-time Flow Learning”, in Curtis J. Bonk & Charles R. Graham, Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. San Francisco: Pfeiffee, A Wiley Imprint. Jurnal Eksponen, Volume 11, Nomor 2, September 2021.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Woodal, D. (2015). Blended Learning Strategies: Selecting The Best Instructional Method.

Downloads

Published

2024-01-31