DAMPAK PROGRAM SABTU BUDAYA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 3 MATARAM

Authors

  • Annisa Rizkikaddhuhani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i7.623

Keywords:

Budaya lokal, multikultural, konservasi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pelaksanaan program "Sabtu Budaya" di SMAN 3 Mataram dalam menciptakan dan mempertahankan sikap multikultural yang berkelanjutan. Dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu wawancara, pengamatan, dan dokumentasi, yang berfokus pada dampak program yang sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program "Sabtu Budaya" terus memperkenalkan budaya lokal, termasuk tradisi Sasak, Sumbawa, Bima, dan Bali, kepada siswa. Ini dapat menanamkan dan memelihara sikap multikultural dengan menekankan nilai-nilai seperti toleransi, kolaborasi, dan cinta tanah air. Siswa secara aktif merangkul nilai-nilai ini, terlihat dalam penghargaan mereka untuk pertunjukan budaya, kolaborasi dengan kelompok yang beragam, dan kebanggaan atas warisan budaya mereka. Terutama, pertunjukan Gendang Beleq dan Peresean secara konsisten menyalakan antusiasme siswa. Penelitian ini menyoroti peran program dalam memelihara lingkungan multikultural yang berkelanjutan di SMAN 3 Mataram. Ini menekankan potensi untuk pengimplementasian yang lebih luas, mempromosikan hubungan yang lebih harmonis antara individu dari latar belakang budaya yang beragam. Sehingga program budaya yang dimulai oleh sekolah seperti "Sabtu Budaya" dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih inklusif dan sadar terhadap budaya.

 

References

Alqadri, B., Kurniawansyah, E., & Fauzan, A. (2021). Habituasi Nilai-nilai Karakter Sebagai Prilaku Antri Korupsi Pada Masyarakat Kajang. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1), 10–29.

Baldah, W., Sumarna, C., & Yuniarto, B. (2016). Pengaruh Penanaman Nilai-nilai Multikultural Terhadap Pembentukan Sikap Pluralis Siswa Di MTSN Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos, 5(1), 115-126.

Peraturan Daerah Nusa Tenggara Barat Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Mataram: Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Indriantoro, N., & Soepomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yongyakarta: BPFE.

Kurniawanyah, E., & Rodiatun, I. F. (2022). Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Kegiatan Pekan Sabtu Budaya di SMA Negeri 1 Keruak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 291-294.

Lestariningsih, W. A., Jayusman, & Purnomo, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 123-131.

Lusi, L. R. (2015). Penerapan Tri Wawasan (Wawasan Kejuangan, Wawasan Kebangsaan Dan Wawasan Kebudayaan) Sebagai Pembelajaran Karakter Di SMA Taruna Nusantara Kabupaten Magelang. Skripsi.Universitas Negeri Semarang

Mahfud. (2014). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2007). Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta : Esis.

Nurlatifa, Zubair, M., Fauzan, A., & Alqadri, B. (2022). Nilai dan Makna Simbol Dalam Tradisi Maulid Adat Bayan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4)

Nurhayati I, Agustina L. (2020). Masyarakat Multikultural: Konsepsi, Ciri dan Faktor Pembentuknya. Jurnal Akademika , 14, 17-26.

Prastyawati, L., & Hanum, F. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek Di SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan, 2(1), 21-29.

Pardarina, N. (2019). Efektivitas Bermain Melalui Cooking Class Dan Role Play Pada Perkembangan Karakter Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di KecamatanSematang Borang Palembang. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R. (2019). Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Di SMP Raden Fatah Batu. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sabri, M. A. (2010). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pendoman Ilmu Raya.

Subyantoro, A., & Suwarto, F. (2007). Metode & Tehnik Penelitian Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Soehartono, I. (2011). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Sumardi, L., & Hanum, F. (2019). Social mobility and new form of social stratification:Study in Sasak tribe, Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10). 708-712.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tillman, Diane. 2004. Living Values Activities For Young Adults. (Risa. P & Ellen Sirait, Penerj.). Jakarta : Grasindo

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Wahyuni D, Hasanah S. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA. Jurnal Universitas Jember, 1, 2549-3728.

Wilhelmus, O. R., & Yuwana, W. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Arah Dan Manfaatnya. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19, 13-24

Wisnarni (2017), Menumbuh kembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kebiasaan Pada SDN No 119/III Koto Majidin Hilir. Jurnal Tarbawi, 13(1): 51-63

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles