EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET MOBILE LEARNING AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v16i12.60Keywords:
Efektifitas Pengembangan, Pocket Mobile Learning, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pocket mobile learning berbasis android dan menguji keefektivannya terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan desain uji lapangan quasi eksperimen one-group pretest-postest design. Subyek uji coba yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi berjumlah 25 orang. Analisis data menggunakan n-gain score dan uji statistik paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) media pembelajaran pocket mobile learning berbasis android yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran matakuliah pengantar akuntansi satu berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 87,50%, ahli media sebesar 85%, dan respon mahasiswa sebesar 82,31% dengan kriteria sangat baik. (2) media pembelajaran pocket mobile learning berbasis android sangat efektiv dan berpengaruh signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, terbukti dari skor rata-rata setelah penerapan media sebesar 86,13 dengan nilai gain ternormalisasi 0,71 kriteria tinggi serta hasil uji satistik sig. 0,00 < 0,05. (3) media pembelajaran pocket mobile learning berbasis android sangat efektiv dan berpengaruh signifikan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, terbukti dari skor rata-rata setelah penerapan media sebesar 84,93 dengan nilai gain ternormalisasi 0,7 kriteria tinggi serta hasil uji statistik sig. 0,00 < 0,05. Disamping itu, penerapan media pembelajaran pocket mobile learning berbasis android sangat memungkinkan bagi mahasiswa untuk belajar mandiri
References
Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Pres.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, I.A.D., Dasmo, & Nurullaeli. 2018. The Use of Pocket Mobile Learning to Improve Critical Thinking Skills in Physics Learning. Internasional Journal of Recent Contributions from Engineering, Science & IT (iJES): 12 (6); 80-86 Doi:https://doi.org/10.3991/ijes.v6i4.887
Basyiruddin Utsman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Perss.
Dasmo., dkk. 2017. Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. JRKPF. Vol. 4. No.2., 71-77
Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA-fisika smartphone berbasis android sebagai penguat karakter sains siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59– 64.
Huda, A. A. (2013). Live coding! 9 aplikasi android buatan sendiri. Yogyakarta: ANDI
Hake R, Richard. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Dept. of Physics, Indiana University. (online). http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diunduh pada tanggal 15 September 2020.
Ihsan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Problem Based-Learning dan Mind Mapping, Motivasi Beprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Suralaga Kabupaten Lombok Timur). Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPs UM.
Kadir, Abdul. 2013. Pemrograman Aplikasi Android. Yoyakarta: ANDI
Mulyataningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Nazruddin, Safaat H. 2015. Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tabler PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung
Ngurawan, S. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Negeri Malang, Vol. 14, No. 1, April 2007, hlm. 75-88.
Punaji, Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulisworo, D. & Toifur, M. 2016. ‘The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia’, Int. J. Mobile Learning and Organisation, Vol. 10 (3); 159–170 DOI: 10.1504/IJMLO.2016.077864
Thinley P., Reye J., & Geva S., 2014. Tablets (iPad) for M-Learning in the Context of Social Constructivism to Institute an Effective Learning Environment. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), Vol. 8 (1); 16-20 DOI: http://dx.doi.org/10.3991/ijim.v8i1.3452
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, Rafi Eka., Mustaji., Sugiharto, Hari. 2021. Development of Mobile Learning in Learning Media to Improve Digital Literacy and Student Learning Outcomes in Physics Subjects: Systematic Literature Review. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal): 4 (2): 3087-3098. DOI: https://doi.org/10.33258/birciv4i2.2027
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ihsan Ihsan, Junaidi Akhmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.