DAYA TARIK WISATAWAN TERHADAP BATIK MOTIF CORONA

Authors

  • DIan Retnasari Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i1.585

Keywords:

wisatawan, batik, corona, daya tarik

Abstract

Indonesia memiliki beranekaragam batik dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki motif dan makna motif yang berbeda-beda. Begitu pula dengan batik yang dibuat oleh masyarakat Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya adalah batik motif Corona yang dikembangkan, terinspirasi dengan adanya virus corona. Daya tarik wisatawan atau ketertarikan wisatawan pada batik motif corona penting diketahui untuk keberlangsungan UMKM pengrajin batik di Sewon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiian deskriptif kuantitafif dengan pendekatan survey, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena tentang daya tarik wisatawan terhadap batik motif corona. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan menggunakan google form. Pengambilan data dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai dengan Februari 2023. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penelitian daya tarik wisatawan terhadap batik motif corona dapat diketahui            memiliki persentase 22% sangat tinggi, 75% tinggi, 3% rendah, dan 0% sangat rendah. Hasil tersebut menggambarkan bahwa batik motif corona yang dijual memiliki keindahan, bentuk, warna, ukuran, perhatian, kebutuhan, harga, dan kualitas hiasan yang dapat diterima oleh masyarakat.

References

Amanah, A. (2014). Sejarah Batik Dan Motif Batik Di Indonesia. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 2, 539–545.

Amaris Trixie, A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Journal of Design and Creative Industry, 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380/1148

Ansari. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Diana, W. (2019). Faktor-faktor yang sangat dominan memengaruhi daya tarik Destinasi pariwisata Lubuk Minturun di Kota Padang. Jurnal Menara Ilmu, XIII(4), 163–168.

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State Journal of International Studies, 1(1), 61–90. doi: 10.24076/nsjis.2018v1i1.90

Haryatno. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisata. Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Daya Tarik Wisata, 0341, 45–47.

Kirom, N. R., Sudarmiatin, & Putra, I. W. J. A. (2016). Faktor-faktor Penentu Daya Tarik Wisata Kepuasna Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 536–546.

Larasati, M. (2021). Pelestarian Budaya Batik Nusantara Sebagai Identitas Kultural Melalui Pameran Di Museum Batik Pekalongan Pada Masa Covid-19. Tornare: Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 46–50. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/tornare/article/view/29849

Pakpahan, D. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Masyarakat pada Bank Syariah di Wilayah Kelurahan Sei Sikambing D. At-Tawassuth, 3(3), 345–367. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1226

Sarwoko, E. C. M. (2017). Pengaruh Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Aqua Berkaitan dengan Penerapan Program CSR (Corporate Sosial Responsibility). Ekonomi Modernisasi, 3(2), 147–164.

Sholeh, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisata Air Terjun Aek Martua Di Desa Tangun Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Kabupaten Riau. Jom FISIP, Volume 4, 1–11.

Tanjung, R. W., Suryaningsum, S., Maharani, A. N., & Hendri, R. (2019). BATIK YOGYAKARTA DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 Yogyakarta Batik in Industrial Revolution 4 . 0 Era. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 1(1), 1–10. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/7

Deklara, dkk. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(1), 13-18.

Sumaryati. (2017). Kontribusi Estetika Dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan dan Berkemajuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Yuliati. N.A. (2007). Peningkatan Kreativitas Seni dalam Desain Busana. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni 5(2), 173-184.

Downloads

Published

2023-09-03

Issue

Section

Articles