PENGARUH FASILITAS DAN PENYELENGGARAAN EVENT TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI OBJEK WISATA GUNUNG DAGO BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Vera Inne Juni Simamora Universitas Matana
  • Ruth Universitas Matana
  • Yanna Mezra Indah Zai Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.545

Keywords:

Fasilitas wisata, penyelenggaraan event, kepuasan pengunjung, minat kunjungan kembali

Abstract

Pengelola wisata harus terus melakukan pengelolaan dan pengembangan objek wisata untuk menarik perhatian wisatawan. Strategi pengembangan yang saat ini dilakukan adalah pengembangan fasilitas wisata, promosi dari sosial media, pengelola juga menyelenggarakan event dengan tujuan untuk menarik perhatian wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh fasilitas wisata dan penyelenggaraan event terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi penelitian ini adalah para wisatawan yang pernah mengunjungi destinasi Gunung Dago di Bogor. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 pengunjung. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis Google Form. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) atau SmartPLS. Hasil analisis data Fasilitas wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Penyelenggaraan event memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Fasilitas wisata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Penyelenggaraan event memiliki pengaruh positif, namun tidak signifikan, terhadap minat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Fasilitas wisata memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening. Penyelenggaraan event memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening

References

Any Noor. 2013. Manajemen Event. Bandung : Alfabeta

Aviolitasona, Gheraldin Bella. 2017. Pengaruh Citra Destinasi terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Burton, Rosemary. 1995. Travel Geography. London: Pitman Publishing.

Fajrin. 2021. Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi Kiat, VOL. 32 NO. 1.

Getz, Donald. 2008. “Event Tourism: Definition, evaluation, and research”, Tourism Management Vol 29, hal. 403-428.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran 1 (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Lustono, L., & Permatasari, K. (2022). Pengaruh Media Sosial, Aksebilitas, Fasilitas, Event Pariwisata, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan di Desa Wisata Pagak, Banjarnegara. Medikonis, 13(1), 41-52. https://doi.org/10.52659/medikonis.v13i1.53

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. Cakra Ilmu

Nuraeni, Bellinda Sofia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23 No. 1 (Juli).

Rangkuti. 2013. Customer Service Satiscaction & Call Centre Berdasarkan ISO 9001. Jakarta. Gramedia

Ratnawati, Pramitha Aulia .2020. Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Karangresik Tasikmalaya. Universitas Telkom. Vol.7, No.2 Agustus 2020

Sammeng (2001:39) Sammeng, Andi Mappi. (2001), Cakrawala Pariwisata. Jakarta : Balai Pusaka

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, dan Gregoriu Chandra. 2016. Service, Quality, and Satisfaction. Edisi Keempat, Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Bayumedia Publishing

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 “Kepariwisataan dan Kebudayaan” https://peraturan.bpk.go.id/Home/Detail/38598/uu-no-10-tahun-2009diakses tanggal 20 September 2020

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles