PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LKPD INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE LIVEWORKSHEETS PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI SMAN 1 PURWOSARI
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.534Keywords:
E-LKPD, Liveworksheets, Materi MatriksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran berupa Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) interaktif menggunakan software Liveworksheets pada materi matriks serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap : (1) Analisis (analyze), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implemenatation), (5) Penilaian (evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrument analisis kebutuhan, lembar validasi ahli materi, ahli desain, dan ahli media, lembar wawancara untuk pendidik, serta angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil uji coba terbatas kepada 36 peserta didik kelas XI SMAN 1 Purwosari, Pasuruan, diperoleh presentase 92% dengan kriteria sangat baik, dengan perincian presentase minat terhadap E-LKPD sebesar 89%, aspek penguasaan materi sebesar 92%, aspek tampilan sebesar 92%, aspek keterlaksanaan sebesar 94%, serta hasil pengujian kepada pendidik diperoleh presentase rata-rata 87% pada aspek komponen isi dan tampilan dengan kriteria sangat baik. Pengembangan media pembelajaran E-LKPD interaktif liveworksheets mendapat respon positif dari pengguna, pendidik maupun pserta didik untuk meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar matematika sesuai dengan perkembangan tekhnologi digitalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran matematika E-LKPD interaktif menggunakan liveworksheets pada materi matriks di kelas XI yang valid dan praktis
References
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.
Ernawati, M., Yuni, E., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry.
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37–50.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik–Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 1–7.
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono, H. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif untuk pembelajaran konsep mol di kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. 2012. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution, M. D., & Oktaviani, W. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020.
Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).
Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sholehah, F., Sunarto, S., & Gazali, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Smp Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Salma, D. (2013). Mozaik teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Sholichah, I., 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mind
Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta
Didik SMP. Skripsi S1, Unikama. Malang: Tidak Dipublikasi
Sumandya, I. Wayan. 2019. Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika
Berbasis Vokasional untuk Siswa Kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10.2: 244-253.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268.
Trianto, M. P. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Lkpd Menggunakan Live Worksheets pada Materi Bangun Datar kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Charda Eben Haezer, Retno Danu Rusmawati, Harwanto Harwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.