STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN PEMERINTAH DALAM MENGKAMPANYEKAN PENCEMARAN SUNGAI DI JAKARTA

Authors

  • Muhammad Faisal Communication Departement, BINUS Graduate Program – Master Program Master of Startegic Marketing Communication, Bina Nusantara University
  • Claudy Claudy Communication Departement, BINUS Graduate Program – Master Program Master of Startegic Marketing Communication, Bina Nusantara University
  • Zahra Zeitira Communication Departement, BINUS Graduate Program – Master Program Master of Startegic Marketing Communication, Bina Nusantara University
  • La Mani Communication Departement, BINUS Graduate Program – Master Program Master of Startegic Marketing Communication, Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.507

Keywords:

Strategic Communication, Environmental Communication, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, River Pollution

Abstract

Air sebagai sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, terutama untuk manusia. Sungai Jakarta menjadi sebuah kasus pencemaran sungai dengan kategori tercemar berat hingga sedang. Kasus pencemaran sungai di Jakarta ini menjadi sebuah pembahasan dalam kajian komunikasi lingkungan dalam strategi; program, komunikator, pesan, media, khalayak, teknik komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi strategi komunikasi lingkungan pemerintah dalam mengkampanyekan pencemaran sungai di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme, jenis penelitian ini adalah case study. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ibu Yuli Dwi Haryati, S. I. Kom. Hasil penelitian starategi komunikasi lingkungan yang dijalankan sudah berjalan denga baik, menggunakan strategi-strategi; press release, konten media sosial, dan sosialiasi kepada masyarakat. Memberikan edukasi kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran dan perilaku. Analisa situasi, perencanaan dan evaluasi. Memiliki struktur komunikator, memiliki program “Jakarta Sadar Sampah” sebagai payung program DLH. Strategi pemilihan media, media sosial, media online dan media elektronik, serta startegi khalayak sasaran umum. Adapun masukannya adalah agar kampanye pencemaran sungai dibuat secara tematik agar meningkatkan kesadaran masyarakat secara umum dan mengudaksi masyarakat agar menjaga sungai sehingga kesehatan dan keberlangsungan sungai tetap terjaga, serta kesadaran dan perilaku masyarakat dalam lingkungan yang berkelanjutan

References

Ardian, Heldi Yunan. "Kajian teori komunikasi lingkungan dalam penelitian pengelolaan sumber daya alam." Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Dan Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (2019).

Agustina, R.D., DH, A.F. and Wilopo, W., 2016. Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Hijau Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 Angkatan 2012/2013 Dan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Tis (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Aprilisya, N.P.E., Kerti Yasa, N.N. and Giantari, I.G.A.K., 2017. Peran sikap memediasi pengaruh pemasaran hijau terhadap niat beli produk ramah lingkungan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Cerya, E. and Evanita, S., 2021. Strategi Komunikasi Lingkungan dalam Membangun Kepedulian Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), pp.136-144.

Danciu, V., 2012. The Green Marketing at Work: The Push-Pull Effects of the Green Communication Strategies. Romanian Economic Journal, 15(46).

Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B. and Siregar, Y.I., 2015. Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), pp.61-64.

Junaedi, M.S., 2015. Pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk hijau: Studi perilaku konsumen berwawasan lingkungan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), pp.189-201.

Juliana, J., Djakasaputra, A. and Pramono, R., 2020. Green perceived risk, green viral communication, green perceived value against green purchase intention through green satisfaction. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), pp.124-139.

Laksmi, A.D. and Wardana, I.M., 2015. Peran sikap dalam memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap niat beli produk ramah lingkungan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Lestari, P., Kusumayudha, S.B., Paripurno, E.T. and Ramadhaniyanto, B., 2016. Komunikasi Lingkungan untuk Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Sinabung. Jurnal Aspikom, 3(1), pp.56-64.

Situmorang, J.R., 2011. Pemasaran hijau yang semakin menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Qurniawati, R.S., 2018. Theoritical Review: Teori Pemasaran Hijau. Among Makarti, 10(2).

Ridha, N., 2017. Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), pp.62-70.

Utami, K.S., 2020. Green Consumers Behavior: Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), pp.208-223

Pratiwi, S.A. and Hidayat, D., 2020. Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 Di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(02).

Wahyono, E., 2017. GO GREEN SEBAGAI SALAH SATU MODEL PENDIDIKAN KARAKTER. Model Pendidik. Karakter.

Wahyudin, U., 2017. Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2).

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles