EVALUASI CARE GENERAL INSURANCE SYSTEM SOLUTION MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN DI ASURANSI XYZ
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i4.499Keywords:
CGISS, Implementasi Sistem, IS-Success model, Delone and McLean Model, General InsuranceAbstract
Seiring dengan visi dan misi yang ditetapkan dalam organisasi atau perusahaan serta didukung oleh perkembangan teknologi yang pesat, Asuransi XYZ harus mampu menyeimbangkan strategi bisnis dengan teknologi informasi untuk menjalankan proses bisnis yang berkembang saat ini. Sistem informasi dituntut untuk menjadi suatu sistem terintegrasi yang dapat mencapai titik efektivitas dan efisiensi tertinggi, dan membantu kegiatan bisnis yang kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji seberapa sukses implementasi sistem CGISS di Asuransi XYZ dengan menggunakan variabel DeLone dan McLean diantaranya : Information Quality, System Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction, Net Benefit, serta dua variabel tambahan dari UTAUT yaitu Performance Expectancy dan Effort Expectancy. Populasi yang diambil adalah seluruh karyawan internal Asuransi XYZ kantor pusat dan kantor cabang yang memiliki alamat email yang berdomain asuransi xyz dan beberapa sampel yang dibutuhkan untuk studi kasus ini sebanyak 100 sampel untuk mengkaji pandangan responden berdasarkan variabel: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Niat Penggunaan/Penggunaan, Kepuasan Pengguna Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Upaya, dan Manfaat Bersih. Beberapa variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini diantaranya mempunyai beberapa pengaruh bagi aplikasi CGISS. Identifikasi mengenai berbagai kendala/permasalahan yang dihadapi selama ini dapat digunakan sebagai acuan untuk perbaikan serta peningkatan kinerja aplikasi CGISS dikemudian hari. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa adapun 7 hasil hipotesis yang ditolak tidak berpengaruh signifikan terhadap pengunaan aplikasi CGISS dan 4 dari 11 hipotesis dianggap terbukti bahwa kepuasan pengguna sangat dipengarui oleh dua faktor utama sebagai berikut: kualitas informasi, dan kualitas pelayanan. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh pihak internal Asuransi XYZ tentang Aplikasi CGISS sebagai sistem informasi aktifitas internal di Asuransi XYZ Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi mengenai motivasi, peluang, proses, permasalahan, serta kinerja pengelola aplikasi selama ini
References
Venkatesh, V., Morris, M.G., Davis., G.b. dan Davis., F.D. 2003. User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, Vol 27, No 3, pp: 425-478, doi: 10.2307/30036540.
Chong, H., Cates, D., & Rauniar, R. (2010). Validity of Delone and Mclean’s ECommerce Model in B2C Student Loan Industry. Journal of International Technology and Information Management.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly, 36(1), 2012, 157–178. https://doi.org/10.2307/41410412
DeLone, W. H. dan McLean, E. R. 2003. The Delone And Mclean Model of Information Systems Success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), pp. 9–30. doi:10.1080/07421222.2003.11045748
Mardiana, S., Tjakraatmadja, J. H., & Aprianingsih, A. (2015, January). DeLone– McLean Information System Success Model Revisited: The Separation of Intention to Use-Use and the Integration of Technology Acceptance Models. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(1), 172-182.
Dörr, S., Walther, S., & Eymann, T. (2013). Information Systems Success - A Quantitative Literature Review and Comparison. Proceedings of the 11th International Conference on Wirtschaftsinformatik.
Mahdavi A and Tarrah Zadegan F (2010). Evaluate the Quality and Effectiveness of Enterprise Information Systems, first edition, (Iran, Tehran, Nazari Publisher)
Safarkhani & Monfared, 2016). EVALUATING THE SUCCESS OF INSURANCE COMPANIES’ INFORMATION SYSTEMS USING DE LONE& MCLEAN MODEL
Floropoulos et al. 2010. “Measuring the success of the Greek Taxation Information System”. International Journal of Information Management.
Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2014). Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3638
Masrek. 2007. Measuring campus portal effectiveness and the contributing factors. Campus Wide Information Systems. Case of an Indonesia IT-Based Company.” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 4(2): 84.
Farah, M.F., Hasni, M.J.S. and Abbas, A.K. “Mobile-banking adoption: empirical evidence from the banking sector in Pakistan”, International Journal of Bank Marketing, Vol. 36 No. 7, 2018, pp. 1386-1413.
Dirgantari, P. D., Hidayat, Y. M., Mahphoth, M. H., & Nugraheni, R. (2020).Level of Use and Satisfaction of E-Commerce Customers in Covid-19 Pandemic Period: An Information System Success Model (ISSM) Approach. Indonesian Journal of Science & Technology, 261-270.
Ali, A., Rasool, G., & Pathania, A. (2017). Antecedents for success of ecommerce platforms: an investigative. International Journal of Information Technology and Management, 376.
Ali, N. I., Samsuri, S., Seman, M. S., Brohi, I. A., & Shah, A. (2018). Measuring E-Commerce Success in Malaysia: Modified Delone Mclean Model with Trust and Privacy. International Journal of Engineering & Technology, 524-529.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andry Leonardo Hutagaol, Sfenrianto Sfenrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.