MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI BIDANG KOMPETENSI TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK SINT JOSEPH JAKARTA PUSAT

Authors

  • Widiani Hartati Program Studi Administrasi, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Hotmaulina Sihotang Program Studi Administrasi, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Manahan P. Tampubolon Program Studi Administrasi, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i4.498

Keywords:

Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Praktik Kerja Industri

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMK Sint Joseph saat ini adalah rendahnya pengelolaan manajemen prakerin baik di perencanan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk meningkatkan pengelolaan manajemen prakerin perlu dilakukan analisis. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis bahwa terbukti perencanaan prakerin (X1) mempengaruhi evaluasi prakerin (Y) dan terdapat hubungan antara Perencanaan Prakerin dengan Evaluasi Prakerin. Apabila variabel-variabel dalam Perencanaan dan Evaluasi Prakerin memiliki koefisien korelasi sebesar 0,850 atau termasuk dalam perbandingan yang sangat kuat, hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut berhubungan erat. Terbukti pelaksanaan prakerin (X2) mempengaruhi evaluasi prakerin (Y) dan terdapat hubungan antara Pelaksanaan Prakerin dengan Evaluasi Prakerin (Y). Dengan koefisien korelasi sebesar 0,888 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup baik (0,850) antara variabel Pelaksanaan Prakerin dengan Evaluasi Prakerin. Terbukti perencanaan prakerin (X1) dan pelaksanaan prakerin (X2) mempengaruhi evaluasi prakerin (Y) dan terdapat hubungan antara perencanaan prakerin (X1) dan pelaksanaan prakerin (X2) dengan Evaluasi Prakerin (Y). Karena variabel Perencanaan Prakerin meningkat secara signifikan sebesar 1 poin dan variabel bebas lainnya bernilai tetap, maka koefisien regresi pada variabel Perencanaan Magang (X1) sebesar 0,398 dan bertanda positif. Dengan demikian variabel Perencanaan Prakerin akan menyebabkan nilai variabel Evaluasi Prakerin bertambah sebesar 0,398. Karena variabel Pelaksanaan Magang meningkat secara signifikan sebesar 1 poin dan variabel bebas lainnya bernilai tetap, maka koefisien regresi pada variabel Pelaksanaan Magang (X2) sebesar 0,532 dan bertanda positif.

References

Agus, N.F, Burhanudin, Sultono. (2018). Manajemen praktik kerja industri. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 1 Nomor 2

Asnawi, R. (2015). Perencanaan program pengalaman lapangan (PPL) oleh sebuah universitas negeri dan implementasinya pada sebuah sekolah menengah pertama negeri di Muaro Jambi

Eka Prihatin. (2011). Teori Adimistrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Eling Damayanti. (2014). Manajemen Praktek Kerja Industri pada Kompetensi Keahlian: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Engkoswara & Komariah, Aan. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Engkoswara dan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Husaini usman, Manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan edisi 4, cet. 2,( Jakarta: Bumi Aksara, 2014). h. 7

Istu Harjono. (2012). Implementasi Praktek Kerja Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif.

Kristi. M. (2017). Evaluasi manajemen praktek pengalaman lapangan mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Kerinci. Tesis MMP Universitas Jambi.

Lisa, A & Ridwan. (2020). Evaluasi pelaksanaan program praktek kerja industri (Prakerin). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol.4 Nomor.2

Muhyadi, dkk. (2011). Tanggapan Dunia Usaha Dunia Industri Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri.

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan.

Prasetio, S., Tampubolon, M. P., & Sihotang, H. (2018). KORELASI MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 222-228.

Rochman, F. (2018). Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. 2. Jakarta: Bumi Aksara

Sukarnati. (2011). Pengembangan Model Manajemen Praktek Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan.

Susanto, I. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(01).

Soenaryo, Hadiwaratama, and B. S. Brotosiswojo. "Sejarah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Di Indonesia: Membangun Manusia Produktif." Jakarta. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Depdiknas (2002).

Susanto, Imam. "Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik." Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 4.01 (2015).

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles