TEORI, PENDEKATAN DAN METODE DALAM KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Authors

  • M. Adib Mubarak Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • M. Abrar Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Ezah Fatmatus Saruroh Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Wira Puspita Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Madyan Madyan Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Musli Musli Fakultas Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i4.492

Keywords:

Kepemimpinan, Supervisi Pendidikan, Teori Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis teori, pendekatan, dan metode dalam kepemimpinan dan supervisi pendidikan, terutama pada pendidikan Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan kepemimpinan dan supervisi pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data, pengklasifikasian, dan penjelasan secara sistematis, objektif, analitis, dan kritis. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai teori, pendekatan yang telah diusulkan dan diterapkan dalam bidang kepemimpinan dan supervisi pendidikan, antara lain Pendekatan Sosial-Interaksionis, Pendekatan Sistemik, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kritis, Pendekatan Transformasional, Pendekatan Etika, dan Pendekatan Kultural. Temuan selanjutnya dari penelitian ini nunjukkan bahwa terdapat berbagai metode yang telah diusulkan dan diterapkan dalam bidang kepemimpinan dan supervisi pendidikan, antara lain Observasi dan feedback, Coaching, Pembelajaran berbasis tim, Penilaian kinerja, Pengembangan profesional, Pemantauan dan evaluasi. Penerapan teori, pendekatan, dan metode tersebut tergantung pada konteks lembaga pendidikan dan kebutuhan stakeholder yang terlibat. Secara keseluruhan, penelitian literatur ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang teori, pendekatan, dan metode dalam kepemimpinan dan supervisi pendidikan, yang dapat menjadi referensi berharga bagi praktisi, peneliti, dan pembuat kebijakan di bidang pendidikan

References

Anizah, and Winda Fitri Maretta, ‘Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru’, 2017

Departemen Agama, RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya (Jakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Islam, 1979)

Gerungan, Psikologi Sosial (Bandung: Eresco, 1987)

Glickman, ‘Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach’, 2014

Hallinger, ‘Collaborative Leadership and School Improvement: Understanding the Impact on School Capacity and Student Learning’, 2010

Pidarta, and Made, Supervisi Pendidikan Kontekstual (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009)

Setiyono, Imam, ‘Supervisi Pendidikan Sekolah Dasar’, 2005

Sugiyono, ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D’, 2012

Tasmara, and Toto, Komunikasi Dakwah (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997)

Usman, Husaini, ‘Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah’, 2015.

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles