Motivasi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik Madrasah Aliyah DDI Pattojo Di Kabupaten Soppeng

Authors

  • Nurlaelah Nurlaelah Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i3.463

Keywords:

peserta didik, motivasi, tujuan yang optimal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi guru untuk meningkatkan Pendidikan kualitas Pendidikan terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Pattojo Kabupaten Soppeng.  persoalan yang di hadapi oleh pihak penyelenggara Madrasah Aliyah DDI Pattojo merupakan hal umum seperti kurangnya motivasi belajar peserta didik, ditandai oleh nilai raport yang rata standar, termasuk kondisi proses pembelajaran masih kerap ditemukan peserta didik yang mencerminkan fenomena malas, bosan dan lain-lain. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.  Adapun subjek penelitian adalah peserta didik, guru dan kepalasa Madrasah di Madrasah Aliyah DDI Pattojo yang berlokasi di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik analisis datanya secara bertahap mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, validasi dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah pihak penyelenggara Pendidikan di Madrasah Aliyah DDI Pattojo Kabupaten Soppeng dapat membuat dan menyususn program-program termasuk pelatihan-pelatihan, symposium dan seminar dan pemberian kesempatan studin lanjut kepada guru-guru. Sementara pihak wakli kepala sekolah bidang kurikulum bersama bidang kesiswaan membimbing dan mengarahkan peserta didik dengan tekun memilih program ekskul sesuai bakat dan minatmereka masing. Selain itu, guru menyususn persiapan proses secara signifikan sehingga dalam menjalankan proses pembelajaran dapat tercipta secara professional untuk mencapai tujuan yang optimal khususnya kepada peserta didik sebagai pembelajar.

References

Ali, Muhammad, Strategi Peelitian Pendidikan, Cet II,; Bandung Angkasa, 2003

Arsyad, Azhar, Pokok-pokok Manajemen. Cet III, Pustaka Belajar, 2012

Azra, Azyumardi, Pendidikan islam Tradisi dan Modernisasi Manuju Millenium Baru. Cet. II. Jakarta: Logos Wacana,2009.

Barbaur, Ian G. Barbaur. Issues In Science and Religion. Cet.I; New York: Harper & Row, 2007.

Collin, G, dan Dixon, Integrated learning. Australian. Cet. Australia: Bookshelf Publishing,1991.

Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, tahun 2007.

Departemen Agama, Profil madrasah Masa Depan (Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2006).

Hadis, Abdul dan Nuiuirhayati B. Manajemen Mutu Pendidikan, Cet.I; Bandung Alfabeta, 2010.

Henry, Simamora. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua. Cet. II; Stie YKPN, 2012.

Kementerian Pendidikan Nasional, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), Direktorat Tenaga Kependidikan Penilaian Kinerja Guru dan Kompetensi Evaluasi Pendidikan, 2008.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Malayu, Hasibuan, S.P. manajemn Sumber Daya manusia. Cet. II: Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Marzuki, Metodologi Riset. Yogyakarta: 2008.

Mufida, Luk-Luk Nur, Aktualisasi Manajemen Peningkatan Mutu dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Tadris, Vol. 4 Nomor 1. Tahun 2009.

Nurhayati B, Haris, Abdul. Manajemen Mutu Pendidikan. Cet I; Bandung: Alfabeta, 2010.

Poerwanegara, Suryadi. Filosofi Baru tentang Manajemen Mutu Terpadu, Cet. I, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Pontjorini, Ety Rochaety, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Sam, M, Cham, Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Cet.VI; Jakarta: PT. Rajagarafindo Persada, 2011

Satori, Djam’an, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2014

Shaleh, Rahman Abdul, Penyelenggaraan Madrasah, Cet. II; Jakarta: Dharma Bakti, 2013.

Downloads

Published

2023-11-03

Issue

Section

Articles