DETERMINASI LITERASI NUMERIK, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i11.449Keywords:
Literasi Numerik, Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui determinasi literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif ex-post facto menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier berganda. Populasi 379 siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu dan diperoleh sampel 182 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk motivasi berprestasi dan konsep diri, sedangkan tes objektif untuk literasi numerik dan konsep diri. Sebelum dilakukan uji hipotesis, diawali beberapa uji asumsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya determinasi antara variabel literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri secara parsial terhadap hasil belajar matematika yakni masing-masing variabel memperoleh nilai koefisien lebih besar dari ttabel 0,146, dan adanya determinasi determinasi antara variabel literasi numerik, motivasi berprestasi, dan konsep diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika yakni memperoleh nilai Fhitung 60,484 lebih besar dari Ftabel 2,66
References
Alamsyah, Nur. 2016. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(2). doi: 10.30998/sap.v1i2.1022.
Astuti, Ida Ayu Komang, A. A. I. .. Marhaeni, and Sariyasa. 2013. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik.” E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3.
Atkinson, John W., Nathan Brody, and Norman T. Feather. 1966. A Theory of Achievement Motivation. New York : Wiley and Sons.
Felker, Donald W. 1974. The Development of Self Esteem. New York : William Morrow & Company.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 23. 8th ed. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasratuddin. 2008. “Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah Dan Alternatif Pemecahannya.” PYTHAGORAS 4(1).
McClelland, David C. 1987. Human Motivation. New York: Cambridge University Press.
Musyaropah, Ulfah, Nurhayati Adiratna Kusuma, Asti Iryanti Putri, Yayi Tresnatri, Ahmad Muhammad Diponegoro, and Universitas Ahmad Dahlan. 2022. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 19(1):2655–5034. doi: 10.18860/psi.v19i1.16031.
Silvester, and Margaretha Lidya Sumarni. 2021. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal DIKDAS BANTARA 4:92–104.
Soedjadi, Rachmadi. 2004. Nilai Nilai Dalam Pendidikan Matematika Dan Upaya Pembinaan Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa.
Tiorenna, Sariningsih. 2011. “Pengaruh Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X (Survei Pada Smk Se-Kecamatan Ciracas).” Jurnal Formatif 1(2):95–109. doi: 10.30998/formatif.v1i2.66.
Toni, I. Wayan Kantun, I. Wayan Lasmawan, and Ida Bagus Putu Arnyana. 2013. “Determinasi Konsep Diri, Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA SD Se-Kecamatan Buleleng.” Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 3(1).
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zikriah. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Matematika.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 3(1). doi: 10.30998/sap.v3i1.2738.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Friska Dewi Septianthari, Nyoman Dantes, Sariyasa Sariyasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.