TINGKAT STRES PADA ANAK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i10.427Abstract
Penelitian mengenai tingkat stres pada siswa ini bertujuan untuk mendapatkan analisis, serta kajian validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42. Survei mengenai tingkat stres ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari responden siswa/i pada SMP Teach Indonesia School Jakarta Utara sebanyak 23 responden. Tingkat stres dari siswa dihitung berdasarkan skala Likert 0-3, yaitu skala skor 3 untuk sangat sesuai, skor 2 untuk sering, skor 1 untuk sesuai, dan skor 0 untuk tidak sesuai. Pada akhir penelitian ini, peneliti mampu menunjukkan validitas dan reliabilitas dari instrumen DASS-42, sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat stres pada siswa. Manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran informasi tingkat stres pada murid selama masa pembelajaran jarak jauh, juga mengetahui indikator apa yang dapat menunjukkan adanya stres pada siswa
References
H. Selye, “The story of the adaptation syndrome, 1952,” Adaptive hormones can cause mental changes in man. Many patients who take ACTH or COL first develop a sense of extraordinary wellbeing and buoyancy, with excitement and insomnia, 2015.
M. Barseli, I. Ifdil, and N. Nikmarijal, “Konsep stres akademik siswa,” Jurnal konseling dan pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 143–148, 2017.
G. S. David Sam Jayakumar and A. Sulthan, “Stress Symptoms: Structural Equation Modelling.,” SCMS Journal of Indian Management, vol. 10, no. 3, 2013.
V. Inayatillah, “Hubungan antara adversity quotient dengan kecenderungan stres dalam menyelesaikan tugas akhir (penulisan skripsi) pada mahasiswa,” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.
K. D. Yuangga and D. Sunarsi, “Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19,” JGK (Jurnal Guru Kita), vol. 4, no. 3, pp. 51–58, 2020.
E. F. ASTUTIK, “Hubungan Antara Study From Home (SFH) Dengan Tingkat Stres Anak Usia Sekolah,” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veronica Manurung, Christianto Christianto, Rachellia Citrayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.