PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INDONESIA KAYA BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i1.425Keywords:
E-Modul Berorientasi Project Based Learning, Indonesia Kaya Budaya, Dan Kebhinekaan GlobalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul yang berorientasi project based learning pada materi Indonesia Kaya Budaya yang memiliki karakteristik tertentu yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kebhinekaan global siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Berdasarkan uji validitas dilakukan oleh 4 orang ahli, rata- rata persentase sebesar 95,63% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) Berdasarkan uji kepraktisan oleh 11 orang guru dan 11 orang siswa kelas IV, diperoleh rata-rata persentase sebesar 96,12% yang berada pada kriteria sangat praktis. 3) Perolehan hasil uji efektivitas yang dilakukan 30 orang siswa kelas IV SD berdasarkan perolehan nilai pretest dan post-test diketahui terjadi peningkatan rerata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan e-modul. Harga p-value sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi 4.0, 434–442. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10594
Daryanto. (2014). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Pendidik dalam Mengajar. Gava Media.
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul Matematika untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406/5139
Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107442
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Irma, Arsyad, A., Safe’i, & Bahraeni. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pembelajaran Berbasis Web-blog Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 271–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7888
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan e-modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Mertasari, N. M. S. (2021). Pengujuan Instrumen Penelitian Kuantitatif. Rajawali Pers.
Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370
Perbawa, I., Warpala, I., & Agustini, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Elektronik Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 96–104. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3396/1720
Permendikbud, R. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 47.
Restra Kemendikbud, R. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129.
Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Ibtida’, 1(2), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.155
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alpabeta.
Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 735–739.
Yulando, S., Sutopo, & Chi, T. F. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Komang Indah Suryati, I Made Ardana, Ida Bagus Putu Arnyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.