PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INDONESIA KAYA BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL

Authors

  • Komang Indah Suryati Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha; Singaraja Bali
  • I Made Ardana Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha; Singaraja Bali
  • Ida Bagus Putu Arnyana Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha; Singaraja Bali

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i1.425

Keywords:

E-Modul Berorientasi Project Based Learning, Indonesia Kaya Budaya, Dan Kebhinekaan Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul yang berorientasi project based learning  pada materi Indonesia Kaya Budaya yang memiliki karakteristik tertentu yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kebhinekaan global siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Berdasarkan uji validitas dilakukan oleh 4 orang ahli, rata- rata persentase sebesar 95,63% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) Berdasarkan uji kepraktisan oleh 11 orang guru dan 11 orang siswa kelas IV, diperoleh rata-rata persentase sebesar 96,12% yang berada pada kriteria sangat praktis. 3) Perolehan hasil uji efektivitas yang dilakukan 30 orang siswa kelas IV SD berdasarkan perolehan nilai pretest dan post-test diketahui terjadi peningkatan rerata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan e-modul. Harga p-value sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi 4.0, 434–442. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10594

Daryanto. (2014). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Pendidik dalam Mengajar. Gava Media.

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul Matematika untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406/5139

Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187. https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107442

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Irma, Arsyad, A., Safe’i, & Bahraeni. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pembelajaran Berbasis Web-blog Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 271–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7888

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan e-modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Mertasari, N. M. S. (2021). Pengujuan Instrumen Penelitian Kuantitatif. Rajawali Pers.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370

Perbawa, I., Warpala, I., & Agustini, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Elektronik Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 96–104. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3396/1720

Permendikbud, R. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 47.

Restra Kemendikbud, R. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Ibtida’, 1(2), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.155

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alpabeta.

Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, M., & Dewi, N. P. (2022). Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4 . 0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 735–739.

Yulando, S., Sutopo, & Chi, T. F. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4

Downloads

Published

2023-09-04

Issue

Section

Articles